Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Indonesia Mulai Melandai, Ini Kata Luhut

Kompas.com - 07/09/2021, 16:54 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta semua pihak tidak lengah menyikapi turunnya tren kasus Covid-19 di Indonesia.

Sebab, ia menilai potensi penyebaran dari varian baru virus corona masih mengancam.

"Pencapaian kita sangat baik, jangan jemawa, sekali lagi jangan jemawa, jangan sombong. Bahwa ini sudah ultimate objective kita, belum. Masih panjang cerita ini, bisa datang macam-macam lagi varian. Kita enggak tahu,” kata Luhut di Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Soal Pelanggaran Jam Operasional Holywings, Luhut: Tutup Saja

Luhut pun menjelaskan soal sikap hati-hati pemerintah dalam membuat kebijakan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan perubahan aturan yang dilakukan secara bertahap.

Berkaca pada lonjakan kasus di luar negeri, menurut Luhut, meskipun vaksinasi sudah berjalan, kasus baru bisa muncul kembali.

“Saya lapor ke Bapak Presiden, kita enggak bisa buru-buru. Awal-awal Pak Presiden tanya, 'Pak Luhut, ini kan sudah turun'. Saya bilang, tidak Pak. Ini karena saya lihat banyak negara maju seperti Amerika, Korea, Jepang, Inggris, Israel yang paling hebat katanya itu sudah 63 persen vaksin, sekarang naik lebih tinggi daripada kita jumlah orang yang kena infeksi,” tutur Luhut.

Baca juga: Luhut Ungkap Hambatan Daerah yang Sulit Turunkan Level Pelaksanaan PPKM

Meski demikian, Luhut mengapresiasi kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan, serta upaya keras pemerintah dan peran TNI, Polri yang bisa menekan kasus Covid-19 pada Juli-Agustus lalu.

“Saya tidak bisa bayangkan kalau tidak ada sinergitas antara Pemda, TNI/Polri, itu luar biasa, bisa saling membantu, sehingga kita bisa turun dengan cepat. Itu diperbincangkan di ASEAN ini. Tadi saya baru terima lagi dari luar angka absolut penanganan Covid-19 kita lebih bagus dari Singapura, Malaysia pasti, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Taiwan,” kata Luhut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com