Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tinjau Swab Antigen 150 Warga, Walkot Bobby Tegaskan Tracing Akan Tetap Berlanjut

Kompas.com - 03/06/2021, 08:30 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution menegaskan bahwa proses tracing atau pelacakan kontak Covid-19 kepada warga Medan akan terus berlanjut hingga Jumat (4/6/2021) mendatang.

“Apabila angka positif sudah turun, barulah isolasi lingkungan kita buka. Per Rabu (2/6/2021), hasil tracing dan swab antigen yang sebelumnya melacak ada 14 orang positif Covid-19, sekarang tinggal lima orang di empat rumah. Secara rumah, pengurangannya memang baru dua, tetapi secara jiwa cukup banyak,” jelasnya.

Dia menuturkan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), apabila angka positif per rumah sudah turun di bawah lima, maka isolasi lingkungan bisa dibuka kembali.

Hal tersebut dilakukan Bobby menyusul agenda isolasi lingkungan yang telah dilaksanakan selama enam hari. Ia pun langsung menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan tracing.

Baca juga: Kenakan Pakaian Adat Toba, Walkot Bobby Sampaikan Pesan Ini

"Selain keluarga dan lingkungan kerja warga terkonfirmasi positif Covid-19, tracing juga dilakukan terhadap warga yang tinggal di wilayah isolasi," kata Bobby seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Tracing pertama tersebut, sebut dia, diprioritaskan untuk warga Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Tercatat, ada 150 warga yang menjalani proses tracing.

Sementara itu, untuk Lingkungan X, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, tracing dan swab antigen akan dilakukan hari ini, Kamis (3/6/2021).

Setelah tracing, pihak Bobby melanjutkan swab antigen kepada sejumlah warga. Swab antigen ini sendiri merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan Rumah Sakit (RS) Royal Prima.

Baca juga: Mengenal Tongkat Sakti yang Dipegang Bobby Nasution Saat Upacara Hari Pancasila

Adapun swab antigen tersebut dilaksanakan di Jalan Eka Rasmi, tepatnya depan jalan masuk menuju Lingkungan VII.

Dalam kesempatan tersebut, Bobby hadir untuk melihat pelaksanaan tracing dan swab antigen secara langsung.

Ia menerangkan, selain warga Lingkungan VII, tracing dan swab antigen juga diberikan kepada sejumlah warga yang berada di dekat wilayah terisolasi tersebut.

“Dari sejumlah aksi yang dilakukan, ada satu warga yang reaktif dan sekarang sedang menjalani isolasi di rumah warga yang bersangkutan,” tuturnya.

Baca juga: Puji Bobby Nasution soal Penanganan Covid-19, Edy Rahmayadi: Sangat Bagus...

Selain itu, Bobby juga memerintahkan petugas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat untuk mendatangi rumah warga yang reaktif guna melakukan tracing terhadap sejumlah anggota keluarga yang berkaitan.

“Kita saat ini menunggu hasil dari tracing yang dilakukan. Untuk warga yang reaktif tadi sudah dijalankan PCR. Mudah-mudahan besok hasilnya sudah keluar. Apabila terbukti positif, maka akan dirawat di rumah sakit. Selama ini memang warga yang reaktif itu tidak bergejala,” jelasnya.

Bobby melanjutkan, sejumlah warga reaktif tanpa gejala itu nantinya bisa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com