Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Covid-19 di RSL Indrapura Surabaya Terus Meningkat Setelah Lebaran

Kompas.com - 31/05/2021, 19:02 WIB
Muchlis,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasien Covid-19 yang terpapar dan dirawat di RS Lapangan Indrapura terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang dimiliki bertambahnya pasien Covid-19 di RSLI terjadi setelah Lebaran Idul Fitri tahun 2021 pada pekan ketiga.

Dokter Nalendra, yang menangani pasien dan penanggung jawab di RSLI Indrapura menyebutkan, meningkatnya jumlah pasien Covid-19 sejak pekan pertama hingga pekan ketiga setelah Lebaran.

Per 31 Mei 2021 RSLI total masih merawat 101 orang pasien Covid-19  yang terdiri dari 59 orang pasien PMI dan 42 pasien umum (lokal).

Baca juga: Terungkap, Motif Perempuan yang Berjalan Santai di Tengah Jalan Menuju Telaga Sarangan

"Dari data relawan pendamping RSLI, seminggu sebelum Lebaran, jumlah hunian rata-rata pasien umum sejumlah 18 orang. Pekan pertama Lebaran sempat mengalami penurunan menjadi rata-rata 13 orang. Namun, meningkat lagi pada pekan kedua pasca-lebaran menjadi 23 orang, dan naik lagi menjadi 34 orang rata-rata pada pekan ketiga pasca-lebaran. Dengan jumlah tersebut pasien di RSLI telah mengalami kenaikan 250 persen dibandingkan pekan pertama Lebaran," kata dia, saat dikonfirmasi, Senin (31/5/2021).

Nalendra menyampaikan, mengacu pada data jumlah pasien yang terus meningkat di RSLI setelah Lebaran, hendaknya menjadi peringatan bagi semua pihak untuk lebih waspada dan mempersiapkan diri untuk kondisi terburuk khususnya dalam penanganan pasien Covid-19.

Nalendra terus menyerukan pentingnya menjalani prokes dan tidak menggantungkan diri sepenuhnya pada proses vaksinasi yang telah berjalan.

“Intinya tetap menjalankan protokol kesehatan, utamanya 5M serta melakukan upaya menjaga dan meningkatkan imunitas melalui makan makanan sehat, olah raga serta menjalani kehidupan secara riang gembira. Jalani hal tersebut hingga pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan selesai,” papar dia.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI Radian Jadid menyampaikan, sejak beroperasinya RSLI hingga hari ini telah merawat 7.455 orang dan 7.081 orang di antaranya sudah berhasil disembuhkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com