Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ratakan Pembangunan Kota Madiun, Walkot Maidi Sediakan Lapak UMKM di Setiap Kelurahan

Kompas.com - 26/05/2021, 19:23 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wali Kota (Walkot) Madiun Maidi mengatakan, pihaknya tengah mengusahakan pembangunan lapak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh kelurahan di Madiun sebagai wujud pemerataan pembangunan.

Pembangunan itu, sebut dia, turut menunjang program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari pemerintah pusat. Dengan demikian, pembangunan tidak hanya terfokus di tengah kota saja.

“Pemerintah pusat menginstruksikan peningkatan ekonomi berbasis lokal saat ini harus dikedepankan. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mewujudkannya dengan membangun lapak UMKM di tiap kelurahan,” kata Maidi dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya, pembangunan lapak UMKM akan memberikan kesempatan bagi pedagang kecil untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga: Belajar dari Ganjar, Gubernur Gorontalo Aplikasikan Blangkon untuk Majukan UMKM

Tak hanya itu, pembangunan lapak-lapak di tempat strategis akan memudahkan warga untuk mengakses lokasinya.

"Hal itu dilakukan agar setiap keluarahan memiliki ikon tersendiri, sekaligus menjadi ladang perputaran ekonomi," terangnya.

Terkait pengunjung, Orang nomor satu di Madiun tersebut menjelaskan, pihaknya akan mendatangkan wisatawan melalui jalur sepeda wisata setelah masa pandemi Covid-19 selesai.

Ia berharap, ke depannya semua acara maupun kegiatan pemerintah mengambil konsumsi dari sejumlah UMKM yang ada. Untuk pemerataan, digunakan sistem bergiliran tiap kelurahan, agar ekonomi tingkat kelurahan terus berjalan.

Baca juga: Aprindo Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Untuk 150.000 Pekerja Ritel dan UMKM

“Dengan pola seperti itu, maka masing-masing kelurahan bisa menjadi kelurahan mandiri,” jelas Maidi.

Perlu diketahui, pembangunan lapak UMKM merupakan salah satu tujuan Pemkot Madiun untuk mendongkrak perekonomian rakyat di masa pandemi.

Pemkot Madiun tidak hanya berfokus mempercantik sarana sektor pariwisata di pusat kota seperti Jalan Pahlawan atau Pahlawan Street Centre.

Berbekal pembangunan sektor pariwisata di pusat kota dan seluruh keluraha, ia optimistis bahwa Kota Madiun akan menjadi destinasi wisata terbaik di Jawa Timur (Jatim) bagian barat setelah pandemi Covid-19 selesai.

Baca juga: Mencicipi Semangkuk Soto Seharga Rp 1.000 di Kota Madiun

Untuk itu, di bawah kepemimpinannya dan Wakil Wali Kota (Wawalkot) Inda Raya, Maidi membangun 27 lapak UMKM. Lapak ini tersebar di 27 kelurahan di Kota Pendekar.

Pembangunan 27 lapak UMKM tersebut difokuskan untuk menumbuhkan ekonomi berbasis lokal di masing-masing kelurahan.

Maidi menyebutkan, sebanyak 27 kelurahan di Kota Madiun sudah memiliki lapak masing-masing. Proses penyempurnaan pembangunan masih terus berjalan hingga saat ini.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com