Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kebut Persiapan Work From Bali, Hotel dan Restoran Harus Bersertifikat CHSE

Kompas.com - 25/05/2021, 14:08 WIB
Ach Fawaidi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kebijakan work from Bali (WFB) yang dicanangkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investas (Kemenko Marves).

Salah satunya, memastikan seluruh tempat wisata, baik hotel dan restoran, tetap menjalankan protokol kesehatan dan memiliki sertifikat cleanliness, health, safety, environmental sustainability (CHSE).

Baca juga: Dukung Program Work From Bali, Wagub Sebut Bisa Selamatkan Ekonomi Bali

"Kita akan terus memastikan bahwa CHSE masih tetap diperhatikan baik di hotel-hotel, restoran, maupun obyek wisata lainnya," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Menurut Cok Ace, selain dapat mencegah penularan Covid-19, penerapan CHSE juga menambah kepercayaan wisatawan untuk datang ke Bali.

Pemprov melalui Dinas Pariwisata, telah menerbitkan 962 sertifikat protokol kesehatan terhadap 743 hotel, 178 restoran, dan 41 usaha lain.

"Tujuannya kan untuk menjaga kondisi bali agar tetap aman dan nyaman untuk dijadikan tempat bekerja," tuturnya.

Selain CHSE, Cok Ace menanggap vaksinasi menjadi kunci penting agar penularan Covid-19 bisa diantisipasi saat penerapan WFB.

"Seluruh karyawan hotel dan para pelaku wisata di Bali itu sudah divaksin semua. Jadi semua kita akan pastikan aman agar tidak tertular dan menularkan," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Surabaya Buka 1.560 Formasi Lowongan CPNS dan PPPK, Simak Jadwal dan Ketentuannya...

Ia juga memastikan, seluruh kawasan yang bersertifikat CHSE dan telah menjalani vaksinasi diajukan kepada Kemenko Marves sebagai lokasi penyelenggaraan program work from Bali.

"Kita mengajukan semua kawasan yang sudah terverifikasi CHSE-nya. Walaupun pada akhirnya pengguna yang memilih tempat yang sesuai dengan keinginannya, kita tetap berharap agar terjadi pemerataan," jelas Cok Ace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com