Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ungkap Peran Megawati dan Taufiq Kiemas dalam Perjalanan Politiknya

Kompas.com - 21/04/2021, 06:47 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingat kenangan pertemuan pertama kalinya dengan Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas.

Sepenggal memori yang terekam bersama kedua tokoh itu senantiasa membekas di benak Ganjar mengawali terjun ke dunia politik hingga menapaki jalan terjal menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah.

Pengalaman itu pun terungkap saat berbincang bersama Pempinan Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di Rumah Dinas Puri Gedeh dalam tayangan "BEGINU S2 Eps7: Ganjar Pranowo, Diplomasi Kaos Oblong dan Perjalanan Merawat Akar" di Kanal YouTube Kompas.com.

"1992 saya aktif di PDI, 1996 saya mulai ke Jakarta. Saya datang waktu itu ke DPP tapi saya nothing saya orang dari kampung lah ya dari Yogja waktu itu pindah ke Jakarta cari nasiblah peruntungan. Terus ke rumah Bu Mega," jelas Ganjar.

Baca juga: Ganjar Nyalakan Kembali Api Abadi Mrapen

Ganjar begitu antusias bercerita tatkala mengingat moment ketika bercengkerama dengan Taufiq Kiemas.

Kala itu, dia hanya mahasiswa biasa yang ingin menggeluti bidang perpolitikan.

"Tiap malem di Kebagusan. Ketemu Pak Taufiq di dapur sering ngobrol berdua sama Pak Taufiq. Nanti jam 10 biasanya Gus Dur datang minta dibuatin indomi sampai saya tahu. Tapi sekali lagi saya nothing saat itu. Saya bagian dari kerumunan masyarakat yang banyak sekali di rumah Bu Mega itu. Saya ngobrol sama Mas Taufiq," ungkapnya.

Ganjar juga mengingat kenangan saat kerap dimarahi Taufiq Kiemas. Bagi Ganjar hal itu justru dijadikan lecutan untuk mendaki jalan terjal di dunia politik.

"Saya dimarahi terus waktu di DPR sama Pak Taufiq. Wah ini galak betul. Tapi saya baru sadar beliau itu mendidik saya," ujarnya.

Baca juga: Ganjar yang Memaknai Hidup seperti Merawat Akar

Hingga suatu saat, begitu Ganjar akhirnya terpilih menjadi Gubernur yang memimpin Provinsi Jawa Tengah, dirinya langsung mengunjungi Taufiq Kiemas.

"Kemudian ada cerita saya jadi Gubernur saya menang saya langsung sowan beliau masih Ketua MPR saya lapor fotonya ada di sini. Sama temen-temen wartawan DPR dikasih. Mas Joko yang kasihkan," kenangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com