Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pulihkan Ekonomi Jabar, Wagub Uu Dorong UMKM Manfaatkan Program Pemerintah

Kompas.com - 20/04/2021, 11:21 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pihaknya akan mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya agar memanfaatkan berbagai program pemerintah dengan baik.

Adapun program pemerintah tersebut, di antaranya Borondong.id dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Ekonomi Jabar memang terdampak Covid-19. Namun, Covid-19 jangan dijadikan penghalang untuk bergerak. Ikhtiar itu harus, agar ekonomi Jabar dapat bangkit kembali seiring dengan bergeraknya masyarakat," ucapnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (20/4/2021).

Menurut Uu, setiap orang dengan fitrahnya memiliki keistimewaan dan kelebihan. Hal ini dapat dimanfaatkan tergantung bagaimana seseorang bisa menggali potensi yang ada.

Baca juga: Berkomitmen Berantas Korupsi, Wagub Jabar Dorong Semua Pihak Jaga Integritas

Ia mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar tidak hanya fokus pada pembangunan bersifat lahiriah, tetapi juga berfokus pada pembangunan batiniah.

"Kalau seorang pemimpin mengejar kepemimpinannya untuk kesuksesan lahiriah, itu lumrah. Kepemimpinan Jabar juga ingin membangun mental spiritual. Hal ini, sejalan pula dengan Nawacita, yakni ada pembangunan karakter," kata Uu, saat melakukan Safari Ramadhan, Senin (19/4/2021).

Oleh karena itu, lanjut dia, setiap program di Jawa Barat selalu dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan.

Dalam Safari Ramadhan, Uu melakukan kunjungan di tiga daerah. Pertama, di Masjid Jami Salafiyah, Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Bupati Jember: Kami Akan Gerakkan Pejabat OPD untuk Safari Ramadhan

Kunjungan kedua, ia lakukan di Masjid Al-Mu'awanah di Kabupaten Bandung Barat, dan Masjid Miftahul Huda di Kota Cimahi.

Pada kesempatan tersebut, Uu turut mengajak umat muslim Jabar agar tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

"Bulan suci Ramadhan penuh barokah. Marilah meningkatkan amal ibadah dengan harapan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda," katanya.

Tak hanya berkunjung, Uu ikut menyerahkan bantuan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jabar kepada santri salafiyah berupa buku tilawah Al-Qur'an dan uang tunai.

Baca juga: Memaknai Rakornas BAZNAS 2021, Menciptakan Ekosistem Zakat Indonesia

Selain santri salafiyah, bantuan santunan diberikan pula kepada anak dhuafa atau yatim, yaitu berupa peralatan sekolah dan uang tunai.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com