Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Tegal Minta Warga Ambil Sisi Positif dari Larangan Mudik Lebaran

Kompas.com - 16/04/2021, 06:21 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Bupati Tegal, Jawa Tengah, Umi Azizah meminta warga Tegal mengambil sisi positif dari kebijakan pemerintah pusat dengan melarang mudik Lebaran 2021.

Menurut Umi, kebijakan yang dilakukan pemerintah semata-mata demi keselamatan bersama.

"Keselamatan keluarga dari penularan virus corona yang sampai hari ini telah mengakibatkan 229 kasus kematian di Kabupaten Tegal,” kata Umi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (15/4/2021),

Baca juga: Pemudik Motor Diprediksi Bakal Penuhi Jalur Pantura, Polisi Dirikan Posko di Tegal

Dikatakan Umi, lonjakan kasus positif Covid-19 dimungkinkan terjadi usai adanya mobilitas besar-besaran dari warga.

"Kebijakan pemerintah pusat tersebut relevan dengan upaya penanganan Covid-19," ujarnya.

 

Pergerakan warga secara bersamaan tersebut, katanya, bisa terjadi saat libur panjang atau cuti bersama termasuk libur Lebaran.

“Pemerintah bermaksud baik ingin menekan penyebaran Covid-19 di daerah, di samping mengamankan target capaian program vaksinasi nasional yang sudah menyita banyak sekali anggaran negara," katanya.

Baca juga: Jelang Larangan Mudik, Jasa Pengiriman Barang di Tegal Justru Meningkat 20 Persen

Untuk itu, Umi berharap, warga Tegal bisa mengambil sisi positifnya dan memahami serta menyadari kebijakan yang semata-mata demi keselamatan bersama.

"Keselamatan keluarga dari penularan virus corona yang sampai hari ini telah mengakibatkan 229 kasus kematian di Kabupaten Tegal,” katanya.

Seperti diketahui, larangan mudik itu tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang mengatakan, yang menjadi fokus saat ini adalah keselamatan pengguna jalan, kelancaran arus lalu lintas dan kedisiplinan masyarakat mematuhi aturan berlalu-lintas maupun protokol kesehatan.

Pihaknya akan bersinergi bersama TNI dan Pemkab. Tegal dalam pelaksanaan operasi keselamatan lalu lintas yang akan dilaksanakan 12-25 April 2021 dengan menerjunkan 68 personel.

“Yang kita laksanakan saat ini adalah operasi kemanusiaan. Sehingga yang kami kedepankan adalah langkah preemtif dan preventif melalui pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat agar menaati aturan berlalu lintas dan protokol kesehatan,” kata Iqbal usai Apel Gelar Pasukan Operasi Candi 2021, Senin (12/4/2021)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com