Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bulan Agustus, Ini 2 Skenarionya

Kompas.com - 25/03/2021, 18:43 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada berencana membuka kegiatan pembelajaran tatap muka pada Agustus mendatang. Kegiatan belajar secara tatap muka dilakukan terbatas dengan memprioritaskan mahasiswa yang berasal dari sekitar DIY dan Jawa Tengah.

"Kita siapkan dua skenario," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso dalam keterangan tertulis Humas UGM, Kamis (25/3/2021).

Djagal menyampaikan, pihaknya akan terlebih dahulu melihat kondisi jumlah kasus Covid-19 pascahari raya besar Lebaran sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara tatap muka.

Baca juga: Lewat Video Rap, Mahasiswa UGM Kritik Pengelolaan Sampah di TPA Piyungan

Skenario pertama, jika sebaran jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kondusif maka pembelajaran secara tatap muka akan dilaksanakan di bulan Agustus.

Namun, jika jumlah kasus positif Covid-19 meningkat pelaksanaan kegiatan kuliah tatap muka akan diundur pada bulan Oktober atau November.

Pelaksanaan kuliah tatap muka ini masih dilakukan secara terbatas. Tahap awal ini, mahasiswa yang diperbolehkan ikut kuliah tatap muka diprioritaskan bagi yang berdomisili di sekitar DIY dan Jawa Tengah.

Mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka ini diminta membawa surat persetujuan dari orang tua atau wali.

"Untuk kuliah luring ini kita lakukan bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," tegasnya.

Baca juga: Lolos SNMPTN UGM 2021, Ini yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa

Selain itu, nantinya mahasiswa yang ikut kuliah luring secara periodik akan diminta pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 dengan alat deteksi Genose.

Sebelum pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas dimulai, lanjutnya, UGM menargetkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan UGM sudah disuntik vaksin semua.

Seperti diketahui, pekan lalu, mayoritas dosen UGM yang berusia lansia sudah ikut vaksinasi.

Dalam waktu dekat, dosen dan tenaga kependidikan non lansia akan divaksinasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com