Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Yogyakarta, Menkes Klaim Pelaksanaannya Lebih Rapi

Kompas.com - 01/03/2021, 11:39 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan peninjauan vaksinasi massal di Pasar Beringharjo dan Beteng Vredeberg, Yogyakarta.

Dalam pemantauan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim pelaksanaan vaksinasi lebih tertata dan rapi jika dibanding vaksinasi sebelumnya.

"Alhamdulillah tadi pelaksanaannya lebih rapi, setiap jam kita batasi. Seperti tadi di Pasar Beringharjo dibatasi 120 orang setiap jamnya, lalu di sini (Beteng) 140 orang tiap jamnya," ujarnya, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta

Ia menyampaikan, target vaksinasi tahapan kedua ini 38 juta sasaran, jika dua kali suntik, maka dosis yang dibutuhkan berkisar 76 juta.

"Ini kan sesudah tahap 1 telah selesai untuk nakes kita lanjutkan tahap kedua pada bulan Maret ini. Ada 38 juta sasaran yang disuntik kalau 2 kali suntik 76 juta harapannya selesai pada bulan Juni," kata dia.

Baca juga: Jokowi: Vaksinasi Massal di Yogyakarta untuk Dukung Pariwisata dan Ekonomi Bangkit Kembali

Ia memaparkan, dari 38 juta sasaran ini terbanyak adalah lansia yang berjumlah 21 juta. Lansia didahulukan karena jika terpapar memiliki fatalitas tinggi.

Setelah lansia, sasaran berikutnya adalah sektor pelayanan publik seperti pedagang, dan awak media.

"Yang paling banyak 21,6 juta lansia karena ini balik lagi yg paling rawan fatalitas tinggi. Setelah nakes kita berikan berdasarkan dengan tingkat fatalitas tinggi. Lalu tenaga publik karena banyak bertemu dengan orang banyak," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com