Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dilantik, Bupati HST Tegaskan Akan Jaga Pegunungan Meratus dari Tambang

Kompas.com - 26/02/2021, 17:10 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih hasil Pilkada 2020, Aulia Oktafiandi dan Mansyah telah dilantik oleh Pj Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal.

Oktafiandi dan Mansyah dilantik bersama empat kepala daerah terpilih lainnya di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Jumat (26/2/2021).

Usai dilantik, Aulia Oktafiandi dimintai keterangan oleh wartawan soal komitmennya menjaga Pegunungan Meratus dari aktivitas pertambangan.

"Save Meratus itu tetap dilaksanakan, yang ingin kita tekankan adalah bagaimana kita membangun dengan tetap memperhatikan lingkungan," tegasnya saat diwawancarai wartawan, Jumat.

Baca juga: Wakil Bupati HST Minta Daerahnya Jadi Prioritas Penanganan Banjir di Kalsel

Menurut Aulia, banjir besar yang baru saja melanda Kabupaten HST tidak lepas dari dampak kerusakan lingkungan.

Dia mencontohkan , Kabupaten HST yang akan dipimpinnya tidak memiliki tambang. Namun kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir sangat parah.

"HST ini tidak memiliki tambang, tapi kami yang paling parah terdampak banjir. Harusnya kita bisa berkoordinasi dengan kabupaten sekeliling kita," jelasnya.

Selain berkomitmen menjaga Pegunungan Meratus dari aktivitas pertambangan, Aulia juga memastikan melaksanakan janji-janji selama masa kampanye lalu.

Baca juga: Korban Tewas Tambang Ilegal Parigi Moutong Jadi 6 orang, 4 di Antaranya Perempuan

Salah satu yang menjadi fokusnya adalah, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Kita sendiri memiliki janji-janji kepada masyarakat untuk mengubah pola pikir kita, menambahkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam setiap unsur kehidupan masyarakat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com