KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkot Semarang Meniadakan Pesta Rakyat di Pelantikan Wali Kota Hendi

Kompas.com - 26/02/2021, 08:00 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, pihaknya akan meniadakan pesta rakyat usai pelantikan Wali Kota Semarang terpilih Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi.

“Hal ini guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Untuk itu, masyarakat bisa memberikan ucapan selamat dalam bentuk karangan bunga sebagai dukungan atas dilantiknya Hendi,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (25/2/2021).

Seperti diketahui, akibat pandemi Covid-10, pelantikan kepala daerah 2021 di Kota Semarang digelar secara virtual.

Meski demikian, kemeriahan pelantikan tersebut tetap nampak, salah satunya melalui ribuan karangan bunga yang berjejer menghiasi jalan protokol di Kota Semarang.

Baca juga: Jelang Pelantikan Wali Kota Semarang, Pedagang Bunga Banjir Pesanan

Adapun titik penumpukan karangan bunga tersebut ada di Jalan Pemuda, Imam Bonjol dan Piere Tendean Kota Semarang.

Pengirim karangan bunga pun beragam, mulai dari instansi pemerintahan dan pendidikan, organisasi kemasyarakatan, perusahaan swasta, perbankan, media massa.

Menariknya, tak hanya dari kalangan pejabat dan pengusaha. Namun, sejumlah komunitas, masyarakat umum hingga pedagang pasar turut memberikan ucapan selamat kepada Hendi.

Demi mengantisipasi semakin bertambahnya jumlah karangan bunga, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah menyiapkan beberapa sektor jalan sebagai tempat penampungan.

Adapun sektor jalan yang digunakan sebagai ruang penempatan karangan bunga, seperti halaman Balai Kota Semarang, ruas Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Kapten Pierre Tendean, Jalan Gajah Mada, Jalan Mgr. Sugiyopranoto, dan Jalan Pandanaran.

Baca juga: Ganjar soal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jateng: Belum Ada Informasi dari Mendagri

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, pihaknya telah menugaskan jajarannya untuk mengatur dan mengamankan karangan bunga tersebut hingga pelantikan usai.

“Kami terjunkan 120 anggota Satpol PP untuk mengamankan karangan bunga ini dari tangan-tangan jahil agar tidak rusak," ujar Fajar.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com