Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompak Menjaga Budaya Sunda Melalui Teknologi Digital

Kompas.com - 24/02/2021, 14:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Meluasnya penggunaan internet dan teknologi digital saat ini di masyarakat diharapkan jadi jembatan bagi masyarakat untuk menyaksikan keberagaman budaya yang dibawa oleh masing-masing wilayahnya.

Terutama, untuk bahasa dan aksara Sunda.

Hal ini disampaikan Semuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, saat berlangsungnya acara peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional dan Selebrasi Aksara Sunda secara daring, 21 Februari 2021 lalu.

"Upaya digitalisasi aksara nusantara dalam hal ini aksara Sunda merupakan bentuk ikhtiar kita untuk terus menjaga keberagaman budaya nusantara di ruang digital," kata Semuel, melalui rilis ke Kompas.com.

"Sebagai warisan bagi anak cucu kita nanti yang semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Dalam informasi terbaru yang dirilis platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 73,7 persen dari total populasi sebesar 274,9 juta jiwa pada Januari 2021, atau sebanyak 202,6 juta jiwa.

Dari total tersebut, sebanyak 195,3 juta jiwa atau 96,4 persennya mengakses internet lewat perangkat digital mobile berjenis smartphone dan ponsel fitur.

Baca juga: Didesain Ridwan Kamil, Geo Theater Rancakalong Jadi Pusat Seni Budaya Sunda di Jabar

Menyesuaikan perkembangan zaman

Sementara Erry Riana Harjapamekas, Ketua Dewan Pembina Yayasan Rancage, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa di era digital saat ini, bahasa dan aksara nusantara harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman.

Dengan demikian, aksara nusantara terutama aksara Sunda, bisa terus dikenal dan dilestarikan.

"Sangat penting untuk mengungkapkan warisan budaya kita secara lebih luas di tingkat internasional, kita bersama-sama mengupayakan agar bahasa dan aksara Sunda dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman," kata Erry.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya berjanji untuk terus mendukung program pelestarian budaya, bahasa dan aksara Sunda kedepannya.

Pemprov Jabar, katanya, terus mendukung program-program penguatan dan pelestarian kebudayaan, terutama budaya Sunda.

"Karena kami melihat upaya upaya ini akan meningkatkan pelestarian dari bahasa Sunda, ucap Ridwan Kamil.

Baca juga: Purwakarta Bangun Taman Giri Harja, Tempat Baru Pelestarian Budaya Sunda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com