Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Sungai di Jombang Ini Kritis, Terancam Jebol jika Tak Diperbaiki

Kompas.com - 23/02/2021, 21:26 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Beberapa titik tanggul Sungai Konto di wilayah Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami kerusakan dan tergerus hingga beberapa meter.

Kondisi tanggul kritis dan cukup mengkhawatirkan, berada di Desa Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Di desa ini ada 2 titik tanggul yang tergerus cukup parah. Kedua titik itu berada di Dusun Kayen, Desa Kayen.

Kepala Desa Kayen Hasanuddin mengungkapkan, kerusakan parah tanggul di desanya terjadi pada Minggu (22/2/2021) malam.

Baca juga: Oknum TNI Jual Ratusan Amunisi Diduga untuk KKB, Begini Modusnya

Kerusakan tanggul tersebut cukup mengkhawatirkan, sebab sempat muncul rembesan air dari Sungai Konto ke permukiman warga.

"Sebelumnya ada (tanggul tergerus), tapi yang parah Minggu malam. Ada dua titik yang lebar," kata Hasanuddin, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Untuk meminimalisir dampak rusaknya tanggul, warga Desa Kayen bersama Dinas PUPR Pemkab Jombang melakukan penambalan darurat hari ini.

Langkah itu, ujar Hasanuddin, selain untuk mengurangi kekhawatiran akan jebolnya tanggul, juga untuk mengurangi dampak kerusakan tanggul yang lebih luas.

"Jadi, untuk meminimalisir kekhawatiran warga, kami lakukan penanganan darurat. Kami swadaya, dibantu oleh Dinas PUPR yang mendatangkan alat berat," ungkap dia.

Apalagi, lanjut Hasanuddin, tanggul Sungai Konto di Desa Kayen yang rusak, titiknya berdekatan dengan lokasi jembatan Kayen, di jalan raya Jombang-Madiun.

Tanggul yang rusak, berada di sebelah selatan Jembatan Kayen dengan panjang sekitar 40 meter. Sedangkan di sebelah utara jembatan, panjangnya sekitar 100 meter.

"Di dekat tanggul yang longsor ini kan ada obyek vital, Jembatan Kayen di jalan nasional. Kami tidak ingin ada masalah ke depannya," kata Hasanuddin.

Baca juga: Dana Rp 9 Miliar untuk Yudhoyono Foundation Ditarik Pemprov Jatim, Ini Kata Bupati Pacitan

Sungai Konto sendiri merupakan aliran sungai dengan hulu di wilayah Pegunungan Argowayang-Anjasmoro di Kabupaten Malang.

Dari Kabupaten Malang, aliran Sungai Konto melintasi Kabupaten Kediri dan bermuara di Sungai Brantas, di Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang.

Sungai Konto merupakan bagian dari DAS Brantas yang kewenangannya dipegang oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com