Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakan Maut di Salatiga, Truk Rem Blong Tewaskan 2 Orang, Sopir Dibonceng Warga Lapor Polisi

Kompas.com - 23/02/2021, 17:41 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Dua orang tewas saat kecelakaan maut terjadi Jalan Veteran Simpang Empat Pasar Sapi Kota Salatiga, Selasa (23/2/2021) sekitar pukul 00.05 WIB.

Korban adalah Suparti (60) dan Dwi Agus (29) warga Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Mereka adalah penumpang Suzuki Carry yang membawa delapan penumpang.

Kecelakaan tersebut melibatkan tiga kendaraan yakni truk Mitsubishi, Suzuki Carry, dan Daihatsu Zebra.

Dua korban tewas karena tertimpa kayu sengon yang diangkut oleh truk.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Salatiga, Berawal dari Sopir Truk Ingin Cari Tempat Makan

Rem truk blong saat keluar tol

Kecelakaan tersebut berawal dari truk yang dikendarai oleh Yugiarto (38) warga Malang. Saat kecelakaan terjadi dia sedang membawa kayu sengon dari Malang dengan tujuaan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Saat keluar Tol Tingkir ia berniat membeli makan di daerah Salatiha. Namun di ruas jalan menuju Semarang, dia merasa truk yang dikendarainya mengalami rem blong.

"Saya biasa masuk tol dan keluar di Bawen terus ke arah Pringsurat, tapi semalam terasa lapar dan saya ingin makan lalapan di Salatiga hingga keluar di exit tol Tingkir," kata Yugiarto di kantor Satlantas Polres Salatiga, Selasa (22/2/2021).

Baca juga: Rem Blong, Truk Bermuatan Kayu Tabrak Mobil Saat Lampu Merah di Salatiga, Dua Tewas

"Saya sudah berupaya mengocok rem, sempat berhenti total, tapi saat jalan, kembali blong," jelasnya.

Saat melintas di simpang empat Jalan Veteran Pasar Sapi Salatiga, dia melihat ada tiga kendaraan yang berhenti karena lampu merah.

Ia sempat ingin banting setir ke kanan. Namun rencana tersebut ia urungkan karena dari arah berlawanan ada truk trailer.

"Saya langsung ambil kiri dan ban truk mengenai pembatas jalan. Mobil yang paling depan berjalan, hingga truk menabrak mobil Carry dan Daihatsu," ungkapnya.

Baca juga: Tertimpa Kayu yang Jatuh dari Truk Alami Rem Blong, 2 Orang Meninggal

Korban tewas tertimpa kayu

Ilustrasi tewasSHUTTERSTOCK Ilustrasi tewas
Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Sopian Rahmadyanto mengatakan, saat kecelakaan terjadi kayu sengon yang dibawa truk Yugiarto berjatuhan dan menimpa mobil Carry lalu mengenai dua penm

"Dua orang meninggal dunia bernama Suparti (60) dan Dwi Agus Setiyani (19) warga Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang yang merupakan penumpang Suzuki Carry," jelasnya.

Sementara itu Yugiarto mengatakan setelah kejadian tersebut dia langsung membonceng seorang warga yang melintas, dan minta diantar ke Mapolres Salatiga.

"Saya lapor ke polisi mengalami kecelakaan. Itu ke kantor Polres tidak pakai sandal karena tertinggal di truk," kata Yugiarto.

Di lokasi kejadian, warga, petugas, relawan ojek online terlihat menyingkirkan kayu agar tidak menganggu arus lalu lintas.

Baca juga: PAD Turun, Pemkot Salatiga Gandeng Toko Modern untuk Pembayaran PBB

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Dian Ade Permana | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief, Khairina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com