Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Heroik Polisi Sragen Gendong Ibu Hamil Jatuh dari Motor Saat Melewati Jalan Berlubang

Kompas.com - 15/02/2021, 19:01 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SRAGEN, KOMPAS.com - Sosok Ipda Sigit Krisyanto (40) menjadi perhatian setelah menolong seorang wanita yang terjatuh dari sepeda motor karena melewati jalan berlubang.

Wanita itu bernama Septianingsih (22), warga Dukuh Bangak, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen Kota, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Perwira polisi yang menjabat sebagai Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sragen menceritakan, peristiwa jatuhnya pengendara motor terjadi pada Sabtu (13/2/2021) pukul 05.30 WIB.

Dirinya sedang melaksanakan patroli rutin terkait jalan rusak di Kawasan Sragen.

Baca juga: Aksi Heroik Polisi Tangkap Pembakar Puluhan Bangunan di Nunukan, Terperosok hingga Nyaris Disabet Parang

Saat melintas di jalan tikungan tepatnya sekitar 500 meter barat Jembatan Mungkung, dirinya melihat ada pengendara motor terjatuh.

Sigit menghentikan laju mobil untuk memberikan pertolongan. Ia membopong pengendara motor dan meminggirkan motornya di jalan Solo-Sragen.

"Ternyata ibu itu sedang hamil. Saya harus bertindak cepat karena rentan kondisi janinnya bagaimana," kata Sigit kepada Kompas.com di Mapolres Sragen, Senin (15/2/2021).

Saat dirinya sedang menolong wanita hamil itu, teman sesama anggota polisi melintas di lokasi kejadian menggunakan mobil Toyota Innova.

Sigit menghentikan mobil temannya dan meminta membawa wanita hamil tersebut ke Puskesmas Sidoharjo.

"Kebetulan teman saya lewat namanya Aiptu Suwardi. Dia saya suruh berhenti. Kemudian saya bopong ibu itu dari pinggir jalan ke mobilnya Aiptu Suwardi. Saya kawal sampai ke puskesmas," ungkap dia.

Baca juga: Kisah Polisi di Perbatasan, Beli 20 Paket Sembako untuk Warga Pakai Gaji Pertama

Setelah wanita itu mendapat penanganan medis dan dipastikan baik-baik saja, Sigit meninggalkan Puskesmas Sidoharjo dan melanjutkan tugasnya.

Lebih lanjut, Sigit mengungkap jalan di kawasan barat Jembatan Mungkung sudah beberapa kali diperbaiki. Namun, tidak berselang lama rusak lagi.

Menurut Sigit jalan tersebut sering tergenang air luapan Sungai Mungkung pada musim hujan.

Di sisi lain juga terdapat pohon teduh yang membuat aspal jalan tidak bertahan lama dan mengelupas.

"Jalan itu mudah terendam banjir luapan Sungai Mungkung. Semalam di situ banjir. Luapan airnya sampai ke rumah warga yang ada di seberang jalan," kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com