Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Penyintas Covid-19 di Kota Tegal Siap Donasikan Plasma Konvalesen

Kompas.com - 15/02/2021, 18:38 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Sedikitnya 300 penyintas Covid-19 di Kota Tegal, Jawa Tengah, mendeklarasikan diri siap mendonasikan plasma konvalesen.

Ketua PMI Kota Tegal Agus Dwi S mengatakan, tak sedikit dari penyintas Covid-19 sebelumnya mendapat stigma negatif bahkan ada yang sampai mendapat perundungan.

Saat ini, secara sukarela mereka membantu terapi kesembuhan pasien Covid-19 dengan mendirikan Paguyuban Donor Darah Plasma Konvalesen Sukarela (PDDPKS) Kota Tegal.

"Tak sedikit dari mereka mendapat bullying dan dianggap harus dijauhi. Saat ini justru siap menjadi pahlawan bagi orang lain. Dalam konteks ini kita menyebut mereka from zero to hero,” kata Agus kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Penyintas Covid-19 OTG Tidak Disarankan Donasikan Plasma Konvalesen

Agus mengatakan, mereka berusia 18 hingga 59 tahun, dan sudah dinyatakan negatif Covid-19 lebih dari 14 hari.

"Paling banyak laki-laki. Ada perempuan yang belum pernah hamil. Dan yang pasti mereka sehat dan memiliki antibodi yang bagus serta lolos serangkaian tes kesehatan," kata Agus.

Agus mengatakan, PMI Kota Tegal sendiri saat ini sudah siap menerima donasi plasma konvalesen. Metodenya sama halnya dengan proses donasi darah secara konvensional.

Sementara itu, Wali Kota Dedy Yon Supriyono mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih atas apa yang telah dilakukan untuk kesembuhan pasien Covid-19.

“Artinya di masa pandemi ini semua pihak memang tergerak untuk membantu sesama. Dari mereka setetes plasma bisa menyelamatkan nyawa. Dari mereka keganasan virus corona juga bisa dihentikan” kata Dedy.

Baca juga: Jadi Penyintas Covid-19, Bupati Lumajang Thoriqul Haq Sumbangkan Plasma Darah

Menurut Dedy, unit donor darah PMI Kota Tegal saat ini sangat membutuhkan bank plasma konvalesen.

"Karena salah satu terapi yang dianggap cukup ampuh, adalah dengan menggunakan donor plasma konvalesen ini," katanya.

Plasma konvalesen ini diperoleh dari orang yang sudah sembuh dari Covid-19 atau penyintas, yang selanjutnya diberikan kepada orang yang mengalami kondisi kritis akibat Covid-19.

“Semoga keikhlasan donor plasma termasuk perilaku mulia, dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” pungkas Dedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com