Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Biaya Rp 114,2 Miliar, Flyover Purwosari Solo Resmi Beroperasi

Kompas.com - 13/02/2021, 16:44 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Jalan layang (flyover) Purwosari di Solo, Jawa Tengah resmi beroperasi pada Sabtu (13/2/2021).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, Flyover Purwosari memiliki total panjang struktur 701 meter dengan konstruksi jembatan layang 198 meter.

Flyover Purwosari dibangun selama 14 bulan dimulai sejak 8 Januari 2020 dengan anggaran senilai Rp 114,2 miliar.

"Semula dilaporkan flyover ditargetkan selesai Desember 2020. Karena ada pandemi kemudian direlaksasi April 2021 targetnya (selesai)," kata Hedy di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Baca juga: Flyover Purwosari Solo Diresmikan di Hari Ulang Tahunnya, Rudy: Mau Menangis, Kado Istimewa Mau Paripurna

Namun, kata Hedy, pembangunan jalan layang itu dapat diselesaikan dua bulan sebelum target.

"Alhamdulillah, ini kita selesaikan dua bulan lebih cepat dari target tersebut," ungkap dia.

Pembangunan Flyover Purwosari utamanya untuk menghilangkan konflik antara lalu lintas jalan raya dengan lalu lintas kereta api dan mengurangi kemacetan.

"Flyover kita bangun untuk meminimalkan pada perlintasan sebidang antara jalan raya. Selain itu juga untuk mengurangi kecepatan yang biasanya terjadi di area Stasiun Purwosari," kata Hedy.

Flyover Purwosari dilengkapi ilustrasi tarian gambyong sebagai ikon tari ucapan selamat datang khas Jawa Tengah.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Nakes Lansia di Solo, Walkot Rudy Pertama Disuntik

Selain itu flyover juga dilengkapi ukiran motif batik kawung, ceplok dan lereng yang terdapat dibagian retaining wall (dinding penahan).

"Ini sekaligus sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang motif batik yang ada di Solo," ungkap dia.

Dikatakan Hedy flyover menggunakan teknologi timbunan mortar busa yang dikembangkan anak bangsa dan ramah lingkungan.

Dia juga mengatakan bahwa teknologi ini pernah diterpakan dalam beberap konstruksi flyover di Simpang Gaplek, Antapani, dan Klonengan Brebes.

Sebagaimana diketahui, flyover (jalan layang) Purwosari di Solo, Jawa Tengah diresmikan tepat di hari ulang tahun Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Peresmian dilakukan wali kota yang akrab disapa Rudy didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Hadir dalam peresmian Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra Sadewo dan lainnya.

"Mohon izin Bapak (Menteri) karena tadi diminta untuk meresmikan dan ini mau menangis bagaimana disuruh tanda tangan sendiri biasanya Pak Menteri dan Pak Gubernur ini kado istimewa buat saya yang mau paripurna 17 Februari 2021," kata Rudy, Sabtu.

"Dengan mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa Flyover Prwosari atas izin Bapak Menteri dan Bapak Gubernur serta anggota Komisi 5 DPR RI saya nyatakan diresmikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua," ucap Rudy saat meresmikan Flyover Purwosari.

Peresmian juga ditandai dengan penekanan tombol sirene yang dilakukan Menteri PUPR, Wali Kota Solo, Gubernur Jateng, Anggota Komisi V DPR RI dan Dirjen Bina Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com