Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Man Batak Bandar Sabu Terbesar di Labuhanbatu, Miliki Tabungan Rp 500 Juta hingga Sejumlah Mobil Mewah

Kompas.com - 12/02/2021, 06:01 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Man Batak bandar sabu terbesar di Labuanbatu ditangkap polisi dari Polda Sumut pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Man Batak yang memiliki nama inisial IP ini ditangkap di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Kota Pinang, Kabuhanbatu Selatan bersama 2 kaki tangannya yang berinisial KAS alias Udin dan LA alias Lid.

Man Batak memiliki kekayaan berlimpah seperti sejumlah mobil mewah, belasan sertifikat tanah, memeliki tabungan ratusan juta rupiah dan juga air soft gun.

Polisi menjerat Man Batak dengan UU tentang Narkoba dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Man Batak dimiskinkan.

Baca juga: “Jagoan” Bandar Sabu Punya Lahan 13 Hektar, Terkuak saat Ditangkap Polisi

Berikut 5 fakta Man Batak bandar sabu terbesar di Labuanbatu

1. Saat ditangkap bawa narkoba seberat 5 kilogram

Ilustrasi narkobaThinkstock Ilustrasi narkoba
Man Batak dan dua kaki tangannya ditangkap pada Sabtu (9/1/2021) sore di pinggir Jalan Jenderal Sudirman Labuhanbatu Selatan.

Saat digeledah, di dalam mobil CRV yang dikendarai tiga tersangka ditemukan narkoba seberat 5 kilogram yang dibungkus dalam 5 kemasan plastik teh cina warna hijau.

Kemasan teh tersebut disimpan di dalam satu ransel warna hitam merek Polo yang diketahui milik Man Batak.

Baca juga: Bandar Sabu Terbesar Labuhanbatu dengan Kekayaan Berlimpah Tertangkap, Kapolda Sumut: Kami akan Miskinkan Dia

2. Sebanyak 22 kilogram sabu diamankan di Medan

Setelah menangkap Man Batak, polisi melakukan 3 kali penangkapan yang terkait jaringan bandar sabu terbesar di Labuhanbatu.

Dari tiga kali penangkapan, polisi berhasil mengamankan hampir 25 kilogram sabu.

Penangkapan pertama pada Rabu (13/1/2021). Polisi mengamankan AA alias Alf dengan barang bukti 22 kilogram sabu yang dikemas dalam bungkus teh china guanyinwan dan disimpan dalam koper coklat

AA diamankan di depan pool ALS di Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Baca juga: Polisi Jakbar Tangkap Bandar Sabu di Terminal Bus Palembang

3. Tangkap pelaku lain di sekitar Bandara Kualanamu

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin menunjukkan barang bukti sabu milik tersangka Man Batak, bandar sabu-sabu terbesar di Labuhanbatu yang memiliki kekayaan melimpah, mulai dari belasan sertifikat tanah seluas 13 hektare, 5 mobil mewah, 4 rumah dan air softgun, uang ratusan juta di dalam rekeningnya.KOMPAS.COM/DEWANTORO Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin menunjukkan barang bukti sabu milik tersangka Man Batak, bandar sabu-sabu terbesar di Labuhanbatu yang memiliki kekayaan melimpah, mulai dari belasan sertifikat tanah seluas 13 hektare, 5 mobil mewah, 4 rumah dan air softgun, uang ratusan juta di dalam rekeningnya.
Pada Minggu (31/1/2021) polisi mengamankan B alias Tiar dan F alias Pai jaringan Man Batak di jalan Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Kualanamu.

Penangkapan dilakukan sekitar pukul 18.00 WIB. Kedua tersangka menyimpan 1 kilogram sabu di dalam 8 bungkus pastik hitam yang disimpan dalam sepatu yang dikenakan.

Rencananya meraka akan membawa sabu itu ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com