Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unnes soal Gelar Kehormatan untuk Nurdin Halid: Berperan Majukan Sepak Bola

Kompas.com - 11/02/2021, 18:06 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada mantan Ketua Umum Nurdin Halid pada Kamis (11/2/2021).

Nurdin Halid menerima gelar doktor kehormatan pada bidang industri olahraga berbasis koperasi multi-pihak karena dinilai berperan dalam memajukan sepak bola di Indonesia.

Rektor Unnes Fathur Rokhman mengatakan pemberian gelar tersebut sudah melalui proses kajian terhadap kinerja persepakbolaan nasional pada masa kepemimpinan Nurdin Halid.

"Nurdin Halid dianggap memiliki kontribusi terhadap dimulainya pendekatan industri dalam pengelolaan organisasi sepakbola di Indonesia," kata Fathur Rokhman dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Baca juga: Diprotes Mahasiswa soal Gelar Kehormatan, Nurdin Halid: Dalam Demokrasi Biasa

Pemberian gelar juga didasarkan kajian Program Studi Doktor Pendidikan Olahraga di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Sedangkan Nurdin Halid mengatakan pemberian gelar ini telah melalui pengkajian akademik dengan berbagai pertimbangan oleh pihak kampus.

"Unnes adalah salah satu perguruan tinggi yang maju di Indonesia. Pasti tidak sembarangan memberikan gelar terhadap seseorang. Pasti dengan berbagai pengkajian, penilaian terhadap karya dan prestasi dari seseorang," ucapnya.

Oleh karena itu, penilaian diberikan oleh pihak kampus berdasarkan hasil karya yang telah dibuat.

"Saya termasuk yang mendapatkan penilaian dari karya saya. Dari tahun 2004 ketika saya mencanangkan industri bola, yang menggambarkan arah kemajuan sepak bola," ungkapnya.

Baca juga: Unnes Beri Gelar Doktor Honoris Causa kepada Nurdin Halid, Mahasiswa Protes

Buku dan Publikasi Ilmiah Nurdin Halid yang telah ditulis di antaranya buku berjudul Revolusi Sepakbola, Pengabdian 15 Tahun Mengubah Wajah Sepakbola Indonesia dan Sepakbola Indonesia Modern, Menuju Industri Sepakbola dan Pentas Dunia.

Sementara karya ilmiah yang Nurdin Halid tulis di antaranya Role of Triple Helix to Develop Multi Stakeholder Cooperative: Conceptual Research in Sport industry, The analysis of Linkage and Multiplier Output of Arts, Entertainment, and Recreation Services Sector in Indonesia Economy: An Empirical Study on Football Industry dan Building a Cooperative-Based Competitive National Sports Industry Model: Resourced Based View Conceptualization.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com