Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Imlek, Ada Pemeriksaan Acak Surat Hasil Rapid Test di Perbatasan DIY-Jateng

Kompas.com - 10/02/2021, 20:19 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Jelang libur panjang Imlek 2021, warga yang melintasi perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan diperiksa secara acak. 

Petugas akan meminta warga yang melintasi perbatasan dua provinsi itu untuk menunjukkan surat bukti negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen. 

Pemeriksaan acak itu akan mulai berlangsung pada Kamis (11/2/2021) sore hingga Minggu (14/2/2021). 

Baca juga: Kamis Besok, DIY Perketat Pemeriksaan Pendatang di 3 Titik Perbatasan

“Skrining itu akan dilakukan secara acak, sampel. Enggak mungkin terus menerus. Yang melaksanakan dua pihak Jateng dan DIY. Sebetulnya paling efektif DIY skrining orang yang akan keluar DIY. Sedangkan Jateng ya skrining yang mau keluar dari Jateng supaya tidak nyegati (memberhentikan) orang yang sudah perjalanan jauh,” kata Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Rabu (10/2/2021). 

Aji mengatakan, ada tiga titik yang jadi tempat pemeriksaan acak tersebut yaitu wilayah timur di jalur Prambanan-Yogyakarta, wilayah barat di perbatasan Temon, Kulon Progo-Purworejo, dan sisi utara Tempel, Sleman-Magelang.

Bila nantinya ada pendatang atau orang yang hendak meninggalkan DIY ditemukan tidak memiliki surat hasil rapid test antigen, maka akan diminta putar balik. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar dan Kalsel 10 Februari 2021

 

"Sudah kita umumkan menjadi kewajiban orang melakukan tes sejak dari awal dari rumah, sehingga kita tidak menyediakan tempat tes atau petugas tes di cek poin itu. Mereka tidak membawa (surat hasil rapid test) ya balik saja,” sebut Aji. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com