Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantik 3 Penjabat Kepala Daerah, Ridwan Kamil Titip 2 Tugas Ini

Kompas.com - 10/02/2021, 15:45 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik tiga penjabat pimpinan daerah di Youth Center Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (10/2/2021).

Ketiga orang yang dilantik yakni Taufik Hidayat menjadi Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021.

Kemudian, Deni Ramdani menjabat Wakil Bupati Tasikmalaya sisa masa jabatan 2016-2021.

Berikutnya, Wahyu Tjiptaningsih yang menjabat Wakil Bupati Cirebon sisa masa jabatan 2019-2024.

Baca juga: Penanganan Covid-19 di Kota Bandung, Wali Kota Keluarkan 2 Perwal

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil itu kemudian menitipkan dua tugas utama, yakni fokus penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Saya ucapkan selamat kepada bupati dan waki bupati, tugas berat menanti karena hari ini masih bergelut dengan dua urusan, pandemi dan pemulihan ekonomi. Jangan dulu pikir yang lain-lain," kata Emil.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya tiga nilai yang perlu dimiliki pemimpin, yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional.

"Melayani sepenuh hati. Takdir pemimpin melayani, bukan dilayani, menolong bukan ditolong, memberi bukan diberi, dan terus cari solusi. Pemimpin juga harus profesional dan mengikuti perkembangan zaman. Itulah syarat nilai pemimpin yang membawa kemajuan dan perubahan di daerah," kata Emil.

Baca juga: Polisi Tangkap Begal yang Menyerang Satpam dengan Katana di Bandung

Meski kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 segera dilantik, Emil mengingatkan, penjabat yang dilantik hari ini untuk tetap bersungguh-sungguh melaksanakan tugas yang diemban.

"Sebagian waktu tugasnya tidak terlalu banyak. Tapi tidak ada kata pendek atau panjang dalam pelayanan. Maksimalkan (masa jabatan), jadi manusia mulia yang membawa kemanfaatan bagi masyarakat," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com