Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HPN 2021, Gibran: Cerdaskan Bangsa lewat Berita Objektif dan Berimbang

Kompas.com - 09/02/2021, 13:47 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Monumen Pers Nasional Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/2/2021).

Gibran yang mengenakan baju batik lengan panjang turut menyaksikan pidato Presiden Jokowi pada puncak HPN 2021 yang disampaikan secara virtual.

Gibran juga menyempatkan waktunya untuk berkeliling setiap ruangan Monumen Pers Nasional yang didirikan pada tahun 1978.

"Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pers Indonesia," kata Gibran di Monumen Pers Nasional Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: Langgar Prokes Saat Jateng di Rumah Saja, 51 Lapak Pedagang Pasar Tradisional di Solo Ditutup

Suami dari Selvi Ananda ini berpesan kepada pelaku pers untuk berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa melalui berita yang berimbang.

"Saya titip satu pesan saja ayo terus berperan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa melalui berita yang obyektif, berimbang dan paling penting berita-berita yang menyebarkan virus-virus optimisme," kata Gibran.

Terlebih, lanjut dia, pelaku pers di tengah pandemi Covid-19 dituntut memberikan informasi positif kepada semua lapisan masyarakat.

"Karena kita di tengah pandemi yang perlu digenjot adalah optimismenya. Karena nanti juga yang digenjot adalah pemilihan ekonomi. Kalau mau ekonominya pulih warga Solo harus sehat semua. Kalau pengin sehat semua progran vaksinasi harus kita sukseskan," terang dia.

Baca juga: Nilai PPKM Efektif, Wali Kota Solo: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Tinggi

Sementara itu, Kepala Monumen Pers Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Hastjaryo mengatakan, pelaku pers harus berpartisipasi aktif dalam menyebarkan pesan positif di tengah pandemi Covid-19.

"Kita berharap wartawan harus berpartisipasi secara aktif dalam menyebarkan pesan optimisme di berbagai lapisan masyarakat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com