Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Jenazah Pasien Covid-19 Hilang dari Makam, Bupati Dapat Informasi Awal dari Medsos

Kompas.com - 08/02/2021, 20:31 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), Egusem Piether Tahun menjelaskan, kronologi hilangnya jenazah wanita lanjut usia (lansia) yang dinyatakan positif Covid-19 dari makamnya.

Jenazah berinisial HUL dimakamkan di pemakaman umum untuk pasien Covid-19 di Oebaki, Kecamatan Noebeba, Kabupaten TTS, Senin (1/2/2021).

Jenazah itu diduga hilang pada Kamis (4/2/2021).

Egusem mengaku, dirinya mendapat informasi dari media sosial terkait hilangnya jenazah tersebut.

"Informasi awalnya beredar di media sosial, kemudian ada beberapa teman yang kontak saya, sehingga saya minta petugas terkait untuk cek di lokasi pekuburan, ternyata bentuk kuburannya tidak seperti awal dimakamkan," ungkap Egusem kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (8/2/2021) malam.

Baca juga: Jenazah Pasien Covid-19 Hilang dari Makam, Bupati: Ini Saya Anggap sebagai Pencurian

Egusem kemudian turun langsung ke tempat pemakaman khusus jenazah Covid-19 itu. Ia ingin memastikan keberadaan jenazah di makam tersebut.

Petugas terkait pun menggali kuburan itu dengan alat berat. Ternyata, jenazah wanita berinisial HUL itu sudah tidak ada.

"Jenazah ini dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak mendukung untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten TTS," kata dia.

Egusem telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk memproses secara hukum insiden hilangnya jenazah pasien Covid-19 itu.

Sebab, insiden ini meresahkan masyarakat.

Egusem menegaskan, pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan medis. Pemerintah, kata dia, tak mungkin asal menetapkan status pasien Covid-19.

"Karena jika orang Covid-19, tentu negara akan mengeluarkan banyak uang. Sehingga kalau ada yang bilang pemerintah Covid-kan orang itu tidak benar," ujar dia.

Egusem meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan jenazah yang hilang itu segera melapor ke satgas atau Pemkab Timor Tengah Selatan.

Baca juga: Bupati Intan Jaya: Saya dan TGPF Ditembaki, Wakapolda Naik Pesawat Ditembaki, Itu di Kota Loh...

Pemkab TTS akan berusaha mengambil dan memakamkan jenazah itu di pemakaman umum khusus pasien Covid-19.

Tim gugus tugas Kabupaten TTS juga akan turun ke lapangan melakukan tracing terhadap warga yang diduga kontak erat dengan jenazah tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com