Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Lapas Sukamiskin, 51 Warga Binaan dan 3 Pegawai Positif Covid-19

Kompas.com - 08/02/2021, 11:42 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Puluhan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin terkonfirmasi positif covid-19, hal tersebut berdasarkan hasil tes swab atau tes usap massal pada seluruh penghuni Lapas Sukamiskin, termasuk warga binaan dan pegawai

Seperti diketahui, sebelumnya seluruh penghuni dan pegawai Lapas klas I Sukamiskin dan para pimti pratama kanwil yang berjumlah secara keseluruhan 460 orang ini dilakukan tes swab pada pada tanggal 4 Februari 2021.

"Pada tanggal 6 Februari 2021 telah keluar hasil swab dimana hasilnya 51 warga binaan dan 3 orang pegawai terkonfirmasi positif Covid 19," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Imam Suyudi melalui pesan singkatnya, Senin (8/2/2021).

Hanya 4 yang dirujuk ke RS Hermina

Dikatakan, warga binaan yang yang hasil CT-nya dibawah 15 dan menunjukan gejala serta mempunyai penyakit bawaan segera dirujuk ke RS Hermina.

"Empat orang warga binaan," katanya.

Sedang 47 orang yang positif dilakukan isolasi di kamar tahanan masing-masing dan diawasi petugas medis Lapas Sukamiskin. "47 orang diisolasi di kamar masing-masing," ucapnya.

Sedang tiga orang pegawai positif corona diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing serta dilakukan pengawasan tenaga medis.

Penghuni lapas lainnya diminta tak resah

Sementara penghuni lapas yang negatif dihimbau untuk tidak resah serta membatasi aktivitas secara berkelompok.

"Saling sinergi tetap selalu jaga prokes (protokol kesehatan)," imbuhnya.

Pihak lapas juga telah berkoodinasi dengan satgas Covid-19 dan tim dokter untuk melakukan tracing warga binaan positif agar mendapatkan penanganan lebih intensif.

"Tim dokter kanwil kemenkumham Jawa Barat diperintahkan untuk memonitor dan mengkoordinir tenaga medis yang lain unutk membantu penanganan dan pencegahan Covid-19," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com