Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaten Dukung Jateng di Rumah Saja dengan Program 'Jam Songo Wis Ora Lungo'

Kompas.com - 03/02/2021, 22:16 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah, mendukung gerakan Jateng di Rumah Saja dengan program 'Jam Songo Wis Ora Lungo'.

Sekretaris Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Klaten, Sip Anwar mengatakan, program Jam Sango Wis Ora Lungo digagas Bupati Klaten Sri Mulyani guna menekan penyebaran Covid-19.

"Bu Bupati juga menambahkan tapi itu memang tidak bertentangan dengan Surat Edaran Mendagri Nomor 2 Tahun 2021. Bu Bupati memerintahkan jam songo bengi ojo lungo (jam 9 malam jangan keluar)," kata Sip Anwar di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Menurun, Ratusan Warga Klaten Tinggalkan Pengungsian

Dia mengatakan, program ini untuk mendukung Surat Edaran Mendagri sekaligus Surat Edaran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Ini untuk mendukung SE Mendagri dan SE Gubernur. Jam 9 malam jangan keluar. Jadi sama kegiatan masyarakat dalam surat edaran bupati sampai jam 9 malam," ungkap dia.

Dengan demikian, masyarakat masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari, akan tetapi jika sudah pukul sembilan malam harus di rumah.

Begitu juga dengan tempat usaha masih bisa melayani pesan antar hingga pukul 21.00 WIB.

"Pasar tidak ditutup. Dalam surat edaran bupati itu ada bukan berarti nutup pasar, nutup toko tidak," ungkap pria yang juga menjabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

Baca juga: Masih Siaga, BPBD Klaten Minta Warga KRB III Gunung Merapi Tetap di Pengungsian

Sip Anwar menyatakan, kegiatan operasi yustisi protokol kesehatan akan ditingkatkan selama dua hari pelaksanaan Jateng di Rumah Saja.

Sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com