Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Tawon Vespa di Nganjuk: Seorang Warga Tewas Disengat, 40 Sarang Dimusnahkan

Kompas.com - 03/02/2021, 12:07 WIB
Usman Hadi ,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

NGANJUK, KOMPAS.comTeror tawon vespa affinis merebak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Seorang warga tewas akibat disengat tawon tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Unit Damkar Satpol PP Nganjuk menggalakkan operasi tangkap tawon (OTT).

Kepala Satpol PP Nganjuk Abdul Wakid mengatakan, operasi itu telah dilakukan di 40 lokasi yang tersebar di Kabupaten Nganjuk.

“Kegiatan OTT yaitu operasi tangkap tawon di Kabupaten Nganjuk mulai 1 Januari sampai 2 Februari 2021 ini sudah ada 40 kegiatan,” kata Wakid kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Teror tawon vespa ini terjadi hampir di seluruh kecamatan, di antaranya Kecamatan Kertosono, Lengkong, Nganjuk, Patianrowo, Loceret, Tanjunganom, Pace, Wilangan, Sukomoro, Baron, Prambon, Ngronggot, Bagor, Berbek, dan Jatikalen.

Baca juga: TNI-Polri Tak Takut dengan Tantangan Perang Terbuka KKB, Begini Penjelasan Wakapolda Papua

Menurut Wakid, kegiatan itu dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat yang diterima. Petugas mendatangi lokasi sarang tawon yang dilaporkan warga.

“Kegiatan (OTT) ini dilaksanakan pada malam hari. Kenapa demikian? Karena kalau kegiatan itu kita laksanakan di siang hari, ini membahayakan petugas termasuk lingkungan yang ada (sarang) tawonnya itu sendiri,” jelas Wakid.

Menurut Wakid, hampir tiap hari petugas Unit Damkar Satpol PP Nganjuk menindaklanjuti laporan warga terkait sarang tawon. Sarang tawon tersebut kemudian dibakar.

Rata-rata, sarang tawon tersebut berada di rumah warga.

“Untuk (OTT sarang) tawon ini rata-rata di rumah, ya ada sebagian yang ada di pekarangan. Namun demikian yang banyak dari data yang adalah di rumah,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com