Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soedirman Purbalingga Siap Didarati Pesawat Komersial Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 31/01/2021, 14:38 WIB
Iqbal Fahmi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pesawat King Air 200 Series PK-CAN yang berkapsitas 20 orang melakukan pendaratan di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (31/1/2021) pagi pukul 09.43 WIB.

Pesawat membawa rombongan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dalam surveillance flight atau penerbangan pengawasan. Rombongan diterima langsung oleh Danlanud JBS, Letkol Nav Marino Adam Darmawan.

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan hari ini adalah untuk melaksanakan validasi dan verifikasi pembangunan Bandara Soedirman,” kata Dirjen Hubud Kemenhub RI, Novie Riyanto Rahardjo kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: Hujan Deras, Air Meluap dari Proyek Bandara Jenderal Sudirman Purbalingga, Jalan dan Sawah Tergenang

Novie menuturkan, dia ingin melihat secara langsung progress pembangunan hingga rencana operasional bandara yang rencananya akan dimulai pada musim mudik lebaran tahun ini.

Rencananya, lanjut Novie, Bandara JB Soedirman akan menjadi konektivitas demi mempermudah akses antardaerah.

“Semuanya akan kami percepat agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas,“ katanya.

Baca juga: Hari Ini, Jokowi Tinjau Bandara Soedirman hingga Kunjungi Korban Gempa

Rombongan Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalan landing di Bandara Soedirman Purbalingga, Minggu (31/1/2021). Pendaratan berjalan mulus dan Bandara siap digunakan untuk penerbangan komersial pada Lebaran 2021. Dok Humas Pemkab Purbalingga Rombongan Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalan landing di Bandara Soedirman Purbalingga, Minggu (31/1/2021). Pendaratan berjalan mulus dan Bandara siap digunakan untuk penerbangan komersial pada Lebaran 2021.

Sementara Direktur Enginering PT Angkasa Pura II, Agus Wialdi menjelaskan tahapan pembangunan yang sudah dilakukan.

Tahap IA pengerjaan sisi udara meliputi runway, taxy way, appron dan prasarana parkir. Pengembangan appron Tahap I : 100m x 67m, Tahap II : 140m x 82m serta Tahap III : 185m x 82m.

“Progres fisik pekan 82 yaitu realisasi 83 persen. Rencana di Februari 2021 akan kami selesaikan, Pembangunan runway sudah selesai, pekerjaan akses masih ada 14 persen. Kami akan percepat pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai dengan target Februari 2021,” jelasnya

Seperti diberitakan, pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman hingga 11 Januari 2021 sudah mencapai 83,84 persen.

Direncanakan pada Lebaran tahun ini bandara tersebut sudah mulai beroperasi. Saat ini yang mendesak untuk dibangun adalah ruang tunggu sementara untuk mendukung operasional bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com