Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.680 Dosis Vaksin Tiba di Tuban, Satgas Covid-19: Vaksinasi Diawali Pejabat Pemkab...

Kompas.com - 26/01/2021, 22:58 WIB
Hamim,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

TUBAN, KOMPAS.com - Sebanyak 2.680 dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Kabupaten Tuban. Ribuan dosis vaksin itu diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Selasa (26/1/2021) dini hari.

Pendistribusian ribuan vial vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menuju Kabupaten Tuban tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Baca juga: Tepergok Pemilik Rumah yang Tiba-tiba Bangun, Seorang Maling Tewas Diamuk Warga

Vaksin yang masih dalam kemasan kardus tersebut langsung disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. Sebab, sejak vaksin dihasilkan sampai disuntikan harus tersimpan dalam suhu dua hingga delapan derajat celcius.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, pada tahap pengiriman pertama Kabupaten Tuban mendapat 2.680 vial dari 3.360 vial yang telah diajukan.

Sedangkan untuk proses vaksinasi di Kabupaten Tuban, rencananya akan dimulai pada H+1 setelah vaksin Covid-19 diterima sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

Tahap pertama vaksinasi akan dilakukan kepada pejabat Forkopimda, perwakilan tokoh agama atau tokoh masyarakat. Setelah itu akan dilaksanakan serentak di masing-masing fasilitas kesehatan di Tuban.

"Rencananya pada Rabu (27/01/2021) besok sekitar pukul 10.00 WIB vaksinasi diawali para pejabat publik Pemkab Tuban di Pendopo Krido Manunggal," kata Endah Nurul Komariyati, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Endah menyampaikan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban semula mengusulkan sebanyak 3.765 penerima vaksin. Tetapi, setelah divalidasi hanya 3.360 penerima vaksin yang telah memenuhi syarat.

Penerima yang memenuhi syarat menerima pesan singkat dari aplikasi Peduli Lindungi yang berisi tautan untuk daftar ulang. Pihak yang mendaftar ulang akan mendapat vaksin.

Baca juga: Mesum dengan Pria Lain di Dalam Mobil, Oknum ASN Pemkab Sampang Jadi Tersangka

Sebagaimana anjuran Kementerian Kesehatan, penerima prioritas pertama vaksin Covid-19 adalah tenaga medis, dan pekerja di fasilitas kesehatan yang kontak langsung dengan pasien.

"Mulai dari petugas pendaftaran kemudian petugas parkir, mereka yang pertama kali menerima tamu di fasilitas kesehatan dan merakalah yang beresiko paling tinggi, sehingga menerima pertama kali supaya ada ketahanan lebih di tubuhnya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com