Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diprotes Warganet, KKN Lapangan Unila Ditunda

Kompas.com - 23/01/2021, 18:48 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Pelaksanaan program kuliah kerja nyata (KKN) turun lapang yang rencana dilakukan Universitas Lampung (Unila) pada 26 Januari 2021 akhirnya ditunda.

Hal itu menyusul adanya protes dari warganet yang menilai Unila tidak peka dengan kondisi pandemi Covid-19.

Juru bicara Unila, Kahfie Nazaruddin mengatakan, setelah adanya tekanan dari publik tersebut pihak rektorat akhirnya melakukan penundaan.

Baca juga: Universitas Lampung Tunda Penyelenggaraan KKN Lapangan

Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat terbatas.

Selain melakukan penundaan, dalam rapat itu pihak rektorat juga akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaan KKN saat masa pandemi corona.

“Hal ini dipandang perlu dilakukan karena Unila terikat oleh kebijakan dan peraturan yang sudah ditetapkan Kemendikbud,” kata Kahfie, Sabtu (23/1/2021).

Sebelumnya diberitakan, cuitan salah satu warganet dengan akun Twitter @mazzini_gsp viral di media sosial.

Baca juga: Twit Viral di Medsos, Unila Ngotot Mahasiswa KKN Turun Lapang ke Desa-desa, padahal Kasus Covid-19 Tinggi

Dalam cuitannya itu, @mazzini_gsp menuliskan jika banyak mahasiswa Unila yang keberatan dengan penyelenggaraan KKN yang dilakukan di tengah masa pandemi.

“Keluhan Mahasiswa Universitas Lampung soal KKN tatap muka. Kondisi di Lampung sekarang penderita Covid-19 makin tinggi. Kok UNILA malah terus dorong Mahasiswa KKN ke desa-desa. Gugus Tugas Covid udah tegur, tapi UNILA kaya gak denger. Bahaya buat mahasiswa & masyarakat lokasi KKN,” tulis akun @mazzini_gsp.

Mendapat keluhan tersebut, akun @mazzini_gsp mengaku sempat mengadakan survei dengan hasil bahwa 75 persen mahasiswa berharap KKN tatap muka itu dibatalkan.

“Ini 75 persen suara mahasiswa saat jajak pendapat milih KKN Dibatalkan. UNILA mau dengerin siapa lagi? Mahasiswa mayoritas minta batalkan, Gugus Tugas Covid juga minta batalkan. Resiko penyebaran Covid-19 ini makin luas, apalagi mahasiswa yg bakal KKN sebanyak 4300 mahasiswa,” tulis akun @mazzini_gsp.

Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor : Dheri Agriesta, Aprillia Ika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com