Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Arif-Rista sebagai Bupati dan Wabup Kebumen Terpilih

Kompas.com - 22/01/2021, 19:51 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen menetapkan pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Hotel Mexolie Kebumen, Kamis (21/01/2021) siang.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Kebumen, Yulianto dan dihadiri Bawaslu, pasangan calon bupati dan wakil bupati, 9 ketua partai politik pengusung serta jajaran Forkopimda.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Wabup Kebumen: Tunggu Surat Resmi dari Pusat

Ketua KPU Kebumen Yulianto mengatakan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih sebagai tindak lanjut surat Panitera Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor: 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tahun 2021.

"Surat itu menyatakan tidak terdapat pengajuan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Tahun 2020 kepada Mahkamah Konstitusi," kata Yulianto melalui keterangan resmi, Jumat (22/1/2021).

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pilbup Kebumen 2020, pasangan teraebut unggul dari kotak kosong dengan perolehan suara sebanyak 389.463 suara atau 60,826 persen.

Baca juga: Nomor WhatsApp Bupati Kebumen Diretas, Ahli Digital Forensik Beberkan 3 Modus Pelaku

Bupati Kebumen Terpilih Arif Sugiyanto mengaku, bersyukur Pilbup berlangsung dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah dapat dilalui dengan baik. Tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi. Pilbup Kebumen 2020 berjalan dengan clean dan clear," ujar Arif.

Arif menyatakan siap menjalankan tugas dengan amanah. Arif juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kebumen karena Pilbup Kebumen 2020 berjalan lancar, aman, dan sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com