Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Langka Rafflesia Tuan-Mudae Mekar di Cagar Alam Maninjau

Kompas.com - 22/01/2021, 12:32 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Bunga langka dan dilindungi jenis Rafflesia tuan-mudae mekar sempurna di dalam kawasan hutan Cagar Alam Maninjau di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Agam, Sumatera Barat.

"Bunga langka itu diperkirakan mekar sempurna pada Rabu (20/1/2021) lalu dan mampu bertahan hingga 10 hari ke depan sebelum layu," kata Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam, Ade Putra yang dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Ade mengatakan bunga langka yang paling mirip dengan Rafflesia arnoldii tersebut ditemukan ketika petugas BKSDA melakukan pendampingan terhadap 6 orang mahasiswa UNP yang sedang melaksanakan penelitian dan magang di resor BKSDA Agam.

Baca juga: Bunga Rafflesia Tuan-Mudae Kembali Mekar di Cagar Alam Maninjau

Dari identifikasi diketahui bunga cantik tersebut berukuran diameter 87,7 cm dan berkelamin jantan.

Menurut Ade, spesies Rafflesia tuan-mudae ini hampir mirip dengan Rafflesia arnoldii.

Perbedaan yang mencolok ada pada morfologi atau fisik, antara jenis Rafflesia tuan-mudae di Cagar Alam Maninjau dengan Rafflesia arnoldii.

Baca juga: Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Ketinggian 10 Meter di Bengkulu

Serupa tapi tak sama

"Perbedaan terlihat pada warna kelopak (perigon), Rafflesia arnoldii lebih ke oranye sedangkan spesies Rafflesia tuan-mudae ke arah merah maron," jelas Ade.

Lalu, perbedaannya juga dapat dilihat dari pola putih atau bercak pada kelopak. Rafflesia arnoldii bercaknya ganda (besar dan kecil), sementara Rafflesia tuan-mudae tunggal.

Kemudian bercak pada Rafflesia arnoldii juga lebih besar dan jarak antara satu bercak dengan yang lainnya juga agak berjauhan jika dibandingkan dengan jenis Rafflesia tuan-mudae.

Baca juga: Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Mekar, Ramai Dikunjungi hingga BKSDA Pasang Papan Informasi agar Tak Dirusak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com