Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Wali Kota Madiun Padamkan Lampu Penerangan Jalan hingga Pagi Hari

Kompas.com - 21/01/2021, 15:39 WIB
Muhlis Al Alawi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Untuk menekan lonjakan penularan covid-19 yang makin tinggi, Wali Kota Madiun, Maidi memadamkan lampu penerangan jalan dan ruang publik hingga pagi hari.

Pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) berlaku dari jalan besar hingga jalan di gang-gang kecil dimulai dari pukul 19.00 hingga pagi hari.

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan, kebijakan pemadaman lampu PJU hingga gang jalan perkampungan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Apalagi, dalam satu pekan terakhir penambahan pasien Covid-19 di Kota Madiun melonjak tajam.

Hingga Rabu (20/1/2021) dilaporkan kasus positif Covid-19 di Kota Madiun mencapai 740 orang. Perinciannya 478 orang sembuh, 66 masih dalam perawatan, 143 orang isolasi mandiri dan 53 orang meninggal dunia.

Baca juga: Ruang Isolasi Covid-19 Penuh, Wali Kota Madiun Pinjam Gerbong Kereta Isolasi Milik PT INKA

“Saya mematikan agar tidak terjadi gerombolan (kerumunan). Kalau ingin gadangan yang di rumahnya sendiri dan lampunya sendiri,” ujar Maidi, yang dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Bagi Maidi, pemadaman lampu penerangan jalan hingga jalan di gang perkampungan akan mampu memutus mata rantai penularan.

Tak hanya itu, imunitas warga pun akan makin meningkat karena masyarakatnya akan segera memilih tidur ketimbang berada di luar.

“Apa hubungannya matikan lampu dengan Covid-19. Sekarang kalau Covid-19 itu obatnya belum ada maka satu-satunya jalan adalah imun warga harus bagus. Orang itu imunnya bagus maka staminanya bagus. Untuk itu, jam tidur dan istirahatnya harus penuh sesuai dengan kesehatan minim tujuh jam,” kata Maidi.

Maidi mengatakan, pemadaman lampu penerangan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB sejak diberlakukannya PPKM.

Tak hanya itu, seluruh mal dan pusat perbelajaan toko modern pun harus tutup mulai jam yang sama.

Ia memilih pemadaman lampu mulai pukul 19.00 lantaran aktivitas masyarakat mulai berkurang. Diharapkan saat itu masyarakat yang masih berada di jalan langsung pulang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com