Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di RS Rujukan Balikpapan Hampir Penuh

Kompas.com - 20/01/2021, 15:23 WIB
Zakarias Demon Daton,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ketersediaan tempat tidur di 11 rumah sakit rujukan Covid-19 Balikpapan, Kalimantan Timur, hampir penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut, dari total 453 tempat tidur isolasi, telah terisi sebanyak 426.

"Semuanya mulai penuh. Yang paling menonjol adalah RSUD Kanujoso sudah penuh semua. Karena itu kami beri arahan ke RS tingkat pertama jika memberi rujukan maka sebaiknya ke RS yang lain dulu," ungkap perempuan dengan sapaan Dio, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Semua Daerah di Kaltim Zona Merah Covid-19, Balikpapan Jadi Episentrum Penularan

Dirut RSUD Kanujoso Djatiwibowo Edy Iskandar mengatakan, jumlah tempat tidur pasien Covid-19 yang dimiliki RSUD Kanujoso sebanyak 167 tempat tidur.

Di antaranya 150 tempat tidur di ruang isolasi dan 17 tempat tidur di ruang ICU.

"Tapi semuanya penuh," ungkap Edy saat dikonfirmasi terpisah, Rabu (20/1/2021).

Saat ini, kata Edy, pihaknya sedang menyiapkan penambahan 32 tempat tidur untuk mengantisipasi tambahan pasien Covid-19.

"Selama ini satu ruang ada 4 tempat tidur. Kami akan tambah 2 tempat tidur lagi jadi satu ruang ada 6 tempat tidur. Biar agak padat tidak masalah, asal ada tempat tidur kosong," kata dia.

 Baca juga: Tempat Tidur Kritikal Kurang, Angka Kematian Pasien Positif Covid-19 di Gunungkidul Meningkat

Selain itu, pihaknya juga sedang menunggu persiapan Wisma Haji Balikpapan yang akan dijadikan rumah sakit darurat oleh Pemkot Balikpapan.

"Kami harap masyarakat patuh dengan protokol kesehatan karena rumah sakit sudah mulai kewalahan dengan lonjakan kasus ini," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com