Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan Semalaman, Puluhan Rumah di Batang Terendam Banjir

Kompas.com - 19/01/2021, 21:33 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Hujan deras yang terus mengguyur sejak Senin sore (18/1/2021) hingga Selasa siang (19/1/2021) menyebabkan sekitar 80 rumah di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terendam banjir.

"Berdasarkan laporan yang masuk ada 80 rumah yang dihuni oleh 130 keluarga ini terdampak banjir," kata Bupati Batang Wihaji saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Karangasem, Batang, Selasa, seperti dilansir Antara.

Baca juga: Lagi Makan Ada yang Teriak Banjir, Saya Langsung Lari

Menurut dia, selain curah hujan yang cukup tinggi, banjir yang melanda di Kecamatan Batang ini juga disebabkan air laut pasang dan luapan air sungai di wilayah setempat.

"Ketinggian banjir sempat mencapai 1 meter pada Senin malam (18/1) tetapi kini sudah mulai agak surut mencapai sekitar 40 sentimeter. Sejak Senin malam, kami sudah melakukan pantauan di lokasi banjir," katanya.

Ia mengatakan banjir yang melanda Kelurahan Karangasem karena wilayahnya berada di dekat pantai sehingga saat air laut pasang maka debit air tinggi dan menggenangi rumah penduduk.

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya curah hujan yang cukup deras.

"Dampak banjir tersebut memang ada sejumlah warga mengungsi di beberapa rumah saudara terdekat yang tidak mengalami banjir," kata Wihaji.

Baca juga: Permintaan Korban Banjir ke Gubernur Kalsel: Kalau Malam Dingin Pak, Kami Butuh Selimut


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan, wilayah Karangasdem dan Klidang Lor, Kecamatan Batang tergenang banjir mencapai sekitar 40 cm.

"Kami sudah melakukan evakuasi pada warga yang membutuhkan bantuan ke tempat yang lebih aman, baik di rumah saudara maupun di masjid maupun mushala. Evakuasi dilakukan hingga pukul 04.00 WIB menggunakan tiga unit perahu karet dan satu perahu milik BPBD," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com