Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak Bogor, Warga Lantunkan Azan dan Takbir

Kompas.com - 19/01/2021, 15:36 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Sebuah rekaman video detik-detik banjir bandang menerjang kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat, viral di grup-grup WhatsApp.

Dalam video itu tampak warga panik dan berlarian ketika banjir yang membawa material lumpur menerjang Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, tersebut, yang berdekatan dengan kebun teh milik PTPN VIII.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, H Adam Hamdani membenarkan isi video tersebut. Menurutnya, kepanikan warga yang terekam dalam video itu benar-benar terjadi di Cisarua ketika banjir bandang menerjang.

"Iya, betul (banjir bandang)," kata Adam, ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Hujan Lebat Masih Turun dalam 3 Hari, BNPB Minta Warga Puncak Bogor Waspadai Banjir Susulan

Di video lain yang diunggah akun Instagram @infia_fact tampak banjir lumpur yang mengerikan itu menerjang sebuah kampung di Cisarua. Warga panik dan mengucapkan takbir serta istighfar. Sebagian lagi melantunkan azan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFIA - Fact (@infia_fact)

900 jiwa dievakuasi

Sementara itu, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 900 jiwa terdampak banjir bandang yang terjadi pukul 10.00 WIB itu.

Baca juga: BNPB: Banjir Bandang Puncak Bogor Disebabkan Hujan Intensitas Tinggi, 900 Jiwa Terdampak

Sebagian warga sementara diungsikan ke Wisma PTPN 8 Gunung Mas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor masih mendata kerugian material akibat bencana tersebut.

"Kerugian material yang ditimbulkan masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Bogor," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa. (Editor: Aprillia Ika | Penulis: Afdhalul Ikhsan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com