Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depok dan Tasikmalaya Paling Tidak Patuh Protokol Kesehatan di Jabar, Ini Kata Ridwan Kamil

Kompas.com - 19/01/2021, 13:57 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Warga di Kota Depok dan Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling tidak patuh dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Penilaian itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Emil sapaan akrabnya itu mengatakan, penilaian tersebut merupakan hasil dari pantauan lapangan yang dilakukan jajaran Satpol PP, TNI dan Polri.

Adapun indikator penilaiannya adalah tentang menjaga jarak dan memakai masker.

Baca juga: Ini Daerah Paling Disiplin dan yang Sangat Tidak Patuh Prokes di Jabar

Dari hasil evaluasi yang dilakukan itu, Kota Depok dinilai paling tidak patuh dalam urusan menjaga jarak.

Sedangkan Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling tidak patuh dalam hal memakai masker.

"Daerah yang tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok. Yang paling tidak patuh mengenakan masker adalah Kabupaten Tasikmalaya. Nanti detailnya saya share ya," kata Emil.

Sebaliknya, untuk daerah yang warganya paling disiplin menerapkan prokes adalah Kota Bekasi.

Meski masih perlu ditingkatkan lagi tingkat kepatuhannya, namun, ia menilai warga di Kota Bekasi paling disiplin dibanding daerah lain di Jawa Barat.

"Yang bisa menjaga patuh menjaga jarak, jatuh kepada Kota Bekasi. Jadi Kota Bekasi dinilai se-Jabar paling disiplin. Walaupun belum sempurna, tapi paling disiplin dibandingkan yang lain," kata Emil.

Baca juga: Pengakuan Pelaku Usai Bunuh Wanita Teman Kencan di Hotel: Saya Takut Dipenjara

Terkait dengan hasil evaluasi tersebut, Emil meminta kepada warga di Kota Bekasi untuk mempertahankan tingkat kedisiplinannya. Mengingat jumlah kasus Covid-19 masih terus meningkat setiap harinya.

Sementara bagi daerah yang tingkat kedisiplinannya masih rendah, ia meminta kepada kepala daerahnya untuk terus melakukan edukasi kepada warganya.

"Jadi kepada yang sudah patuh tolong pertahankan dan kepada yang tidak patuh saya titip ada wali kota dan bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya, karena tingkat kepatuhan di Jabar itu antara 60-70 persen dari rata-rata sebelum PPKM 50 persen," kata Emil.

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor : Abba Gabrillin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com