Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan PMI Gunungkidul Hampir Setiap Hari Makamkan Korban Covid-19

Kompas.com - 19/01/2021, 10:42 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia hampir berlangsung setahun. Tak sedikit pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi ini. Mereka harus berpeluh keringat, bahkan sampai menghadapi resiko penularan.

Salah satu dari mereka adalah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul, DIY. Para relawan PMI diterjunkan untuk membantu pemakaman para korban meninggal lantaran Covid-19.

Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo menyebut terdapat peningkatan permintaan penguburan jenazah dengan menggunakan protokol Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan ini. Banyaknya korban membuat mereka hampir setiap hari melangsungkan pemakaman.

“Sampai hari ini sudah 31 [pemakaman], kita buat suasana di markas [PMI] untuk selalu tenang, suasananya mirip di rumah itu,” ungkap Iswandoyo kepada Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Baca juga: 48 Lansia di Banyumas Positif Covid-19 Usai Jalani Tes Cepat Antigen

Dia menjelaskan para korban meninggal yang mereka makamkan tidak selalu terkonfirmasi positif Covid-19. Ada juga yang berstatus suspek, probable, dan jenazah dari luar Gunungkidul.

Iswandoyo mengungkapkan sejak April 2020, PMI Gunungkidul menangani 287 pemakaman dan pemulasaran jenazah memakai protokol Covid-19.

"Kadang kami harus memakamkan 3 kali sampai 4 kali, tetapi kita membuat mereka [relawan] untuk tetap semangat,” tuturnya.

Setiap hari, PMI Gunungkidul menyiagakan 15 orang relawan. Apabila ada permintaaan pemakaman, mereka siap bertugas.

Iswandoyo mengakui dia dan rekan-rekannya mengalami kelelahan. Namun, tugas harus tetap dijalankan. Agar bisa sedikit melepas penat, para relawan punya trik tertentu.

“Kadang mereka jika sedang tidak bertugas nyari ikan untuk dimasak bareng-bareng, sehingga jadinya tidak tegang. Kita berusaha mereka untuk selalu bugar ketika melakukan pemakaman,” ucapnya.

Baca juga: Tempat Tidur Kritikal Kurang, Angka Kematian Pasien Positif Covid-19 di Gunungkidul Meningkat

Di tempat terpisah, Kepala Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty menerangkan hingga Senin (18/1/2021) terdapat 1.221 kasus terkonfirmasi positif, 920 sembuh, 254 orang masih dalam perawatan, dan 47 kasus meninggal dunia.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: Khairina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com