Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Nakes di Kabupaten Bogor Meninggal Berbarengan, Positif Covid-19

Kompas.com - 18/01/2021, 18:03 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari para tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dua nakes yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19 meninggal dunia dalam waktu bersamaan pada Minggu (17/01/2021).

Kedua nakes tersebut berasal dari dua unit kesehatan yakni dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang dan Puskesmas di Puncak Bogor atau Megamendung.

"Iya kemarin, satu perawat di RSUD (Leuwiliang) dan satunya dari TU akademi kesehatan lingkungan Puskesmas Megamendung," kata Juru Bicara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Dedi Syarif saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/01/2021).

Baca juga: Nakes di Kalbar yang Tolak Vaksin Covid-19 Tidak Akan Diberi Izin Praktik

Adapun kedua nakes tersebut yaitu Teti Murdaningsih, perawat yang bertugas di RSUD Leuwiliang dan Jamhuri bertugas sebagai TU Puskesmas di Megamendung,  Kabupaten Bogor. Kedua nakes ini meninggal dunia pada waktu berdekatan yakni Minggu (17/1/2021) pagi dan sore.

Dedi menjelaskan bahwa salah satu nakes tersebut  mengembuskan napas terakhir tidak lama setelah dipasang alat bantu pernapasan atau ventilator di RSUD Ciawi.

"Iya berbarengan. Paginya dan sorenya. Sempat dipasang ventilator dan setengah 3 meninggal dunia, itu pak Jamhuri. Detailnya yang satu Hj Teti Murdaningsih dan satu Jamhuri. Masing-masing berusia 50-an," ungkapnya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sumbar: Belum Ditemukan Ada Nakes Alami Kejadian Ikutan Pasca-imunisasi

Dedi yang juga sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menyampaikan bahwa virus Covid-19 telah menginfeksi dua nakes tersebut selama berada di rumah sakit.

Ia menduga kemungkinan besar kedua nakes ini tertular dari pasien yang dirawatnya karena keduanya berada di garda terdepan dalam menangani virus Covid-19.

Meski demikian, Dedi tak menjelaskan detail kapan dua nakes tersebut terpapar Covid-19 dari pasien yang dirawatnya di rumah sakit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com