Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Pandemi, Lapangan Migas di Sumsel Bukukan Kenaikan Produksi

Kompas.com - 16/01/2021, 21:23 WIB
Aprillia Ika

Editor

PRABUMULIH, KOMPAS.com - Produksi migas dari Adera Field, bagian Pertamina EP Asset 2 di Sumatera Selatan, naik 500 persen walaupun kegiatan pemboran dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Astri Pujianto, General Manager Pertamina EP (PEP) Asset 2 mengatakan, penambahan produksi minyak itu sebesar 751 BOPD dari Sumur BNG-A1 di Adera Field.

Menurut Astri, jumlah produksi tersebut naik 500 persen dari target awal sebesar 150 BOPD.

Dia menambahkan, program pemboran perlu penyesuaian mengingat adanya protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang sangat ketat.

Baca juga: Proyek Migas di Karawang Timur Rampung, Pasokan Gas di Jabar Aman

Hal ini memerlukan screening kesehatan berkala yang dilakukan dan tentu membatasi beberapa aktivitas.

“Namun, Alhamdulillah kegiatan dapat dilaksanakan, bahkan lebih cepat dari target waktu yang ditentukan," ujar Astri, melalui rilis ke Kompas.com, Sabtu (16/01/2020).

Program pemboran yang awalnya ditarget selesai dalam 52 hari kalender dapat diselesaikan dalam 48 hari kalender. Dengan demikian menghasilkan efesiensi biaya dan waktu yang signifikan.

Baca juga: Jadi Sumber Penularan Covid-19, Perusahaan Migas di Balikpapan Dipanggil Wali Kota

Prokes ketat

Pelaksanaan pemboran melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. dr. Nirwan Abidin, Medical Supervisor PEP Asset 2 mengatakan, ada perbedaan saat melakukan operasional pemboran di waktu normal dengan di masa pandemi.

Semua pekerja dan operator wajib menjalani screening kesehatan sebelum memasuki area pemboran, serta wajib melakukan karantina selama 4 hari, sebelum dilakukan PCR test.

"Begitu didapat hasilnya negatif dan dinyatakan fit untuk ke lokasi, barulah personil bersangkutan diperbolehkan memasuki lokasi kerja.
Sebaliknya apabila hasil positif dan tidak fit, personel yang bersangkutan tidak diperkenankan memasuki lokasi atau bekerja,” kata dr. Nirwan.

Saat ini Adera Field memproduksikan minyak sebesar 1.933 bopd dan gas 9,9 mmscfd. Berdasarkan data Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir Januari 2021 year-to-date, produksi minyak mentah PEP Asset 2 berada di angka 17.730 bopd , sedangkan produksi gas bumi berkisar di angka 335 mmscfd.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com