Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Terkini Gempa Majene, 8 Orang Terjebak Reruntuhan Bangunan, TNI Kirim Bantuan

Kompas.com - 15/01/2021, 11:36 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Gempa susulan berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang kawasan sekitar Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WIB.

Sebelumnya, gempa telah mengguncang sejumlah wilayah di Sulbar pada Kamis (14/1/2021).

Sejumlah warga menceritakan detik-detik saat gempa terjadi. Salah satunya Yahya, warga di kawasan Kasiwa, Kota Mamuju.

Baca juga: Empat Helikopter BNPB Dikerahkan Menuju Lokasi Gempa Majene

"Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami," kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, seperti ditulis Antara.

Selain itu, beredar video gempa juga meruntuhkan Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang berada di Kompleks Perkantoran Gubernur, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju.

Dilansir dari Tribunnews, perekam video menceritakan kondisi saat itu.

“Kantor Gubernur Sulbar ambruk. Hancur. Alhamdulillah masih diberi keselamatan. Hotel Matos (Mamuju), hancur,” kata warga tersebut.

Baca juga: TNI AU Terbangkan Boeing 737 Bantu Korban Gempa Majene

8 orang terjebak

Petugas mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD Sulawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut.ANTARA FOTO/AKBAR TADO Petugas mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD Sulawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut.

Akibat gempa, delapan orang dilaporkan terjebak reruntuhan bangunan. Dari laporan Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar, Muh Rizal yang dikonfirmasi, Jumat (15/1/2021), saat ini pihaknya tengah membantu proses evakuasi warga yang terjebak akibat reruntuhan bangunan.

“Ada 8 orang di situ terjebak di reruntuhan bangunan. Sudah 3 orang berhasil dievakuasi, 5 orang lagi masih dalam pencarian. 3 orang yang sudah berhasil dievakuasi itu di antaranya 2 orang berhasil selamat dan 1 orang sudah dalam kondisi meninggal dunia,” katanya.

Muh Rizal menjelaskan, saat ini tim Basarnas Makassar sedang yang membantu para korban bencana di Sulbar sebanyak 13 orang.

Baca juga: DPR Minta Pemda Tanggap Darurat dan Selamatkan Korban Gempa Majene

Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut.ANTARA FOTO/AKBAR TADO Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut.
Pada Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 02.30 Wita, gempa susulan dengan getaran lebih kuat, magnitudo 6,2, mengguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar).

Lalu, sebanyak tiga kali gempa susulan yang terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama.

Sebelumnya, Kamis (14/1/2021), gempa dengan magnitudo 5,9 mengguncang wilayah Majene sekitar pukul 14.30 Wita.

Baca juga: Kantor Airnav dan Tower Pemandu Lalu Lintas di Bandara Mamuju Rusak Berat akibat Gempa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com