Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tokoh di Jateng Bakal Disuntik Vaksin Sinovac, Gubernur Ganjar Jadi yang Pertama

Kompas.com - 14/01/2021, 07:33 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Provinsi Jawa Tengah dilakukan pada Kamis (14/1/2021).

Sejumlah pejabat publik hingga tokoh masyarakat bakal disuntik vaksin Sinovac pertama kali yang akan digelar di RSUD Tugurejo, Kota Semarang.

Setelah itu, akan dilakukan pencanangan vaksinasi pertama di Jawa Tengah secara serentak.

Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyebut beberapa tokoh yang akan disuntik vaksin di tingkat provinsi antara lain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi.

Baca juga: Wali Kota Solo Tak Jadi yang Pertama Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

Selain itu, ada juga anggota DPRD Jateng, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit, Pimpinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pimpinan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), tokoh agama dari MUI Jateng serta Keuskupan Agung Semarang (KAS).

“Jadi sekitar 11 tokoh yang akan disuntik (vaksin). Nanti dilaksanakan pencanangan dan sekaligus penyuntikan vaksin pertama di Jateng. Akan digelar di RSUD Tugurejo, Kota Semarang, sekitar pukul 07.30 WIB besok (Kamis)," kata Yulianto saat konferensi pers virtual, Rabu (13/1/2021).

Yulianto menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi pertama di Kota Semarang akan digelar di Puskesmas Pandanaran.

Sedangkan Kabupaten Semarang rencana vaksinasi akan dilakukan di Puskesmas Ungaran dan Kota Solo dilakukan di RSUD Bung Karno.

"Yang pertama disuntik vaksin di tiga daerah itu nantinya kepala daerah dan juga Forkompimda Kabupaten/Kota," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi direncanakan menjadi orang pertama di Kota Semarang yang akan divaksin Covid-19.

Penyuntikan vaksin kepada Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu dijadwalkan di Puskesmas Pandanaran, Kota Semarang, Kamis, 14 Januari 2021 pukul 09.00.


Baca juga: Anak Kandung Cabut Gugatan kepada Ibunya, Dedi Mulyadi Menangis: Saya Lakukan Ini Demi Ibu

Selain Hendi, juga ada 9 pimpinan daerah lainnya yang akan divaksin jenis Sinovac.

"Hari Kamis ini yang akan disuntik vaksin ada 10 orang dari jajaran pimpinan daerah, termasuk Pak Wali. Dan untuk yang pertama kali divaksin sendiri rencananya beliau (Hendi) di Puskesmas Pandanaran," ungkap Kepala Dinkes Kota Semarang, Abdul Hakam.

Hakam menegaskan, dengan diberikannya vaksin yang pertama ke Wali Kota Hendi, diharapkan masyarakat dapat semakin yakin dan mantab untuk juga menerima vaksin tersebut.

"Pointnya adalah vaksin yang diberikan untuk vaksinasi massal di Kota Semarang ini aman dan halal. Dibuktikan dengan vaksin tersebut Kota Semarang pertama kali disuntikkan kepada Pak Wali, yang mana jika tidak baik, pasti tidak akan dilakukan." ujarnya.

Sebelumnya, Hendi sendiri merupakan penyintas Covid-19 dengan antibodi yang cenderung tinggi terhadap virus tersebut, sehingga dimungkinkan tidak menjadi kelompok prioritas penerima vaksin.

Kendati demikian, Hendi menyatakan siap apabila tetap diharuskan disuntik Covid-19.

"Prinsip kami, kalau seorang Wali Kota harus divaksin dulu kami siap. Tapi kalau saya mendengar orang yang pernah terkena Covid tubuhnya jauh lebih kuat, jika harus yang lain dulu pun kami juga siap,"jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com