Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Pontianak: Jika Memenuhi Syarat, Saya Siap Divaksin

Kompas.com - 08/01/2021, 21:05 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) Edi Rusdi Kamtono mengaku siap divaksin virus corona atau Covid-19, jika hasil pengecekan kesehatan yang telah dilakukan menunjukkan telah memenuhi syarat.

"Jika memenuhi syarat saya divaksin Covid-19. Siap saja. sama seperti halnya donor darah jika hemoglobin (HB) saya cukup tidak masalah," kata Edi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/1/2021).

Edi menerangkan, Pemkot Pontianak telah menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kampung Bali, Kelurahan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota, Jumat pagi.

Baca juga: Berebut Warisan, Seorang Pria di Pontianak Bacok Adiknya

Simulasi dilakukan dalam rangka mempersiapkan vaksinasi yang rencananya akan digelar tanggal 14 Januari 2021 mendatang.

“Para tenaga kesehatan (nakes) berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam simulasi tersebut. Mulai dari saat calon penerima vaksin datang, pendaftaran, screening hingga selesai dilakukannya vaksin,” ucap Edi.

Menurut Edi, digelarnya simulasi ini agar saat pelaksanaan vaksinasi, para petugas sudah memahami perannya masing-masing.

“Untuk tahap awal, setidaknya ada 5.500 nakes yang terdaftar dalam program vaksinasi Covid-19. Kita berharap masyarakat bisa lebih memahami bahwa vaksin ini untuk mengatasi penyebaran Covid-19," ujar Edi.

Baca juga: Syarat Swab PCR di Bandara Supadio Pontianak Diklaim Efektif Kendalikan Covid-19

Namun lanjut Edi, tidak semua orang bisa divaksin, sebab ada beberapa persyaratan medis. Diantaranya tidak ada penyakit bawaan atau komorbid, tekanan darah stabil dan lain sebagainya.

Kemudian, para tenaga kesehatan dan aparat keamanan mendapat prioritas sebab mereka sangat rentan terhadap penularan.

“Selanjutnya petugas yang memberi pelayanan langsung kepada masyarakat. Setelah itu barulah masyarakat dengan persyaratan tertentu," sebut Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com