Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13.000 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kepri

Kompas.com - 06/01/2021, 09:03 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Sebanyak 13.000 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan tiba di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (5/1/2021) petang tadi.

Jumlah vaksin Covid-19 tersebut merupakan tahap awal pengiriman untuk masyarakat Kepri yang untuk pertama diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Gubernur Kepri Isdianto turun langsung menerima 13.000 dosis vaksin yang dibawa menggunakan Pesawat Lion Air di VIP Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Baca juga: Detik-detik Pencuri Tewas Setelah Diikat hingga Dipukul Pakai Talenan

Isdianto mengatakan, secepatnya vaksin ini akan didistribusikan ke daerah-daerah.

“Kami saksikan sendiri vaksin telah datang, langsung dikawal oleh sejumlah personel gabungan TNI dan Polri dari penjemputan, pengantaran hingga penjagaan. Bahkan sampai pendistribusian ke kabupaten/kota,” kata Isdianto melalui keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021).

Ia mengatakan bahwa vaksin merupakan instrumen penting dalam menghentikan laju pertumbuhan Covid-19.

Baca juga: Pendarahan Usai Melahirkan, Seorang Ibu Meninggal Saat Terjebak Macet di Jalan Rusak

Untuk itu, dengan jumlahnya yang sangat terbatas, maka pemerintah saat ini sangat serius dalam pengamanan vaksin.

“Khusus pengamanan untuk vaksin ini dilakukan sangat ketat oleh aparat gabungan TNI, Polri, bahkan dilengkapi dengan persenjataan lengkap. Hal ini dilakukan untuk memastikan barang yang sangat luar biasa berharga ini. Tidak ada gangguan dalam proses perjalanan, penyimpanan hingga proses vaksinansi nantinya,” kata Isdianto.

Untuk vaksinasi atau penyuntikan vaksin, Isdianto memastikan bahwa akan dilakukan setelah izin rekomendasi penggunaan darurat disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Setelah izin BPOM keluar baru kita lakukan penyuntikan vaksin berdasarkan arahan dan petunjuk dari Kementerian Kesehatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com