Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Poliklinik dan 9 Puskesmas di Kabupaten Buru Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 05/01/2021, 19:56 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, telah mempersiapkan fasilitas kesehatan yang akan dijadikan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19 tahap pertama di wilayah tersebut.

Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim mengatakan, fasilitas kesehatan yang telah disiapkan itu terdiri dari satu poliklinik dan sembilan puskesmas.

Baca juga: 15.120 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Provinsi Maluku Tiba di Ambon

"Jadi kita ada 10 faskes yang akan dijadikan tempat vaksinasi yakni satu poliklinik Polres dan sembilan puskesmas," kata Nani kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya, vaksinasi tahap pertama akan diprioritaskan untuk tenaga medis dan pegawai yang bekerja di instansi kesehatan di Kabupaten Buru.

Sesuai pendataan yang dilakukan, total tenaga medis dan pegawai instansi kesehatan yang akan divaksinasi berjumlah 1.162 orang.

"Itu sesuai data yang telah diinput, jadi prioritasnya itu semua tenaga kesehatan baik di rumah sakit maupun di puskesmas, bidan desa, pegawai, sopir dan klininh servis di instansi kesehatan semua masuk," ungkapnya.

Nani menambahkan, jumlah kuota vaksin Covid-19 tahap pertama untuk kabupaten Buru sama seperti jumlah tenaga kesehatan di wilayah tersebut yakni 1.162 dosis.

"Untuk kuota vaksin itu sama dengan jumlah tenaga medis yang akan divaksin," katanya.

Baca juga: Kronologi Pengungkapan Kasus Jual Beli Senjata dari Filipina, Ada 12 Pucuk yang Dibawa Pelaku

 

Saat ini, pihaknya masih menunggu kebijkan dari Pemerintah Provinsi Maluku terkait penyaluran vaksin ke wilayah tersebut.

"Kalau untuk soal sanksi bagi nakes yang tidak ikut vaksinasi kita belum bahas sampai disitu ya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com