Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Tiba di Jambi, Semua Kepala Dinas Kesehatan Akan Dikumpulkan

Kompas.com - 04/01/2021, 22:39 WIB
Jaka Hendra Baittri,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAMBI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jambi akan mengumpulkan seluruh kepala dinas kabupaten dan kota Kamis (7/1/2021) nanti untuk distribusi vaksin Covid-19.

Hal ini disampaikan plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar setelah serah terima vaksin, Senin (4/1/2021) sore di gudang Balai Obat kompleks Perkantoran Gubernur Jambi.

"Kamis nanti kami akan rapat. Dipanggil seluruh kepala dinas kesehatan dan rapat di Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Kita sampaikan teknis distribusi, karena nakesnya ada sekitar 27.391 orang, sedangkan vaksinnya ada 20.000," katanya, Senin.

Dia mengatakan, 20.000-an dosis vaksin ini adalah tahap pertama. "Masih menunggu lagi untuk tahap dua, ini baru tahap pertama ada 11 koli," ujarnya.

Baca juga: Update Covid-19 di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, dan Bengkulu 4 Januari 2021

Raflizar mengatakan, pada tanggal 14 Januari nanti, pihaknya akan memanfaatkan vaksin ini untuk tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat.

"Ada 208 fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Kemudian ada 40 rumah sakit dan petugas kesehatan lainnya, seperti sopir ambulans, cleaning service, semuanya (akan divaksin)," kata Raflizar.

Hingga kini per tanggal 4 Januari 2021 pukul 17.11 WIB, ada 3.336 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 57 orang di antaranya meninggal.

Berdasarkan data ini, Gugus Covid-19 Provinsi Jambi tetap mengimbau masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sementara itu, suara sirine mobil pengawal dan barakuda terdengar memasuki kawasan perkantoran gubernur Jambi sekira pukul 18.03 WIB.

Baca juga: Vaksin Sinovac Tiba di Jambi, 27.391 Tenaga Kesehatan Mulai Divaksin 14 Januari

Mobil-mobil itu mengawal satu truk yang membawa vaksin Covid-19 dari arah Provinsi Sumatera Selatan.

Serah terima vaksin langsung dilakukan dari petugas ke pemerintah Provinsi Jambi, Senin (4/1/2021) sore itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com