Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Rombongan Pemburu, Seorang Warga Hilang di Hutan Gede Pangrango

Kompas.com - 04/01/2021, 18:56 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Seorang pria Abi Abdillah dilaporkan hilang di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, Jawa Barat, Senin (4/1/2020) pukul 14:00 WIB.

Abi Abdillah bersama rombongan pemburu masuk ke kawasan konservasi itu dari wilayah Kampung Pakauman, Desa Wangunjaya, Kecamatan Ciambar, Sukabumi, Minggu (3/1/2020) pagi.

Berdasarkan keterangan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, pihaknya menerima laporan orang hilang di TNGGP di Kecamatan Ciambar, Senin (4/1/2020) sore.

Baca juga: Gunung Gede Pangrango Ditutup untuk Pendakian hingga 31 Januari

Orang yang dilaporkan hilang itu bernama Abi Abdillah, warga Kampung Parungseah, RT 02 RW 08, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi

''Orang yang dilaporkan hilang ini masuk ke dalam kawasan TNGGP bersama rombongan pemburu berjumlah 15 orang Senin kemarin,'' kata Petugas Pelaksana (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Senin petang.

Dia menjelaskan, rombongan masuk ke kawasan TNGGP dari Kampung Pakauman, Desa Wangunjaya Minggu sekitar pukul 09.00 WIB. Namun sekitar pukul 11.00 WIB, rombongan kehilangan komunikasi dengan Abi.   

''Rombongan langsung mencari., sampai Senin pagi belum ditemukan,'' jelas Anita.

Menurut dia, para petugas Balai Besar TNGGP Resor Pasir Hantap dan Resor Bodogol bersama anggota rombongan orang hilang dibantu masyarakat setempat sudah mengecek ke lokasi di Blok Tangkil.

Blok Tangkil ini merupakan perbatasan wilayah Resor Pasir Hantap dengan Resor Bodogol.

"Orang hilang ini sempat kontak melalui telepon dengan petugas TNGGP dan menyebutkan lokasi terakhirnya dekat sungai ada pohon besar, banyak tumbuhan honje,'' ujar Anita.

Dia mengatakan, BPBD Kabupaten Sukabumi sudah mempersiapkan tim Satuan Tugas (Satgas) untuk operasi search and rescue (SAR) yang diberangkatkan besok, Selasa (5/1/2021).

Sebelumnya, kasus laporan orang hilang di TNGGP wilayah Sukabumi juga sempat terjadi di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: Kisah 2 Pencari Bunga Hilang di Hutan Gunung Gede Pangrango, Tidur di Sela-sela Tanaman Tepus, Ditemukan Lemas

Saat itu, dua warga Kampung Lebaksiuh, Desa Sukamaju dilaporkan hilang oleh keluarganya sejak Jumat. Keduanya adalah Eksan Setiawan (20) dan YS (15).

Keduanya masuk ke kawasan konservasi itu untuk berburu bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com