Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Magelang Targetkan Vaksinasi Covid-19 Mulai Pekan Depan

Kompas.com - 04/01/2021, 15:06 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang, Jawa Tengah, menargetkan vaksinasi Covid-19 dimulai pekan depan.

Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat masih melakukan persiapan, mulai dari sasaran, sarana dan prasarana hingga sumber daya manusia (SDM).

"Saat ini kami masih finalisasi sasaran, SDM, kecukupan sarana prasarana. Semoga dalam minggu depan sudah selesai dan siap laksanakan vaksinasi," kata Kepala Dinkes Kabupaten Magelang Retno Indriastuti, dalam keterangan pers, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Aktivitas Merapi Masih Tinggi, Tanggap Darurat Bencana di Magelang Diperpanjang Lagi

Retno mengatakan sasaran utama vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan (nakes) sebagai benteng terakhir penanganan Covid-19.

Walau demikian, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait jumlah vaksin yang akan diterima Pemkab Magelang.

"Sampai hari ini masih menunggu vaksinnya. Tunggu angka pastinya nanti. Prioritasnya adalah sumber daya manusia kesehatan di sini," jelasnya.

Untuk diketahui kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang terus bertambah. Data per 3 Januari 2021, total angka konfirmasi positif menembus 6.202 kasus, dengan rincian 1.434 dirawat atau isolasi mandiri, 4.613 sembuh dan 155 meninggal dunia.

Baca juga: Cegah Covid-19, Rapor Siswa di Kota Magelang Dibagikan Via WhatsApp

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, hingga 3 Januari 2021 ada tambahan 88 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Terbanyak berasal dari Kecamatan Borobudur 50 orang, Kemudian Candimulyo 30 orang dan Srumbung 8 orang.

"Sedangkan pasien positif yang meninggal kemarin ada 5 orang. Dua orang dari Kecamatan Mertoyudan, dan 3 orang masing-masing dari Kecamatan Salaman, Srumbung dan Candimulyo," sebut Nanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com