Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40.520 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Lampung, untuk Petugas Kesehatan

Kompas.com - 04/01/2021, 13:32 WIB
Tri Purna Jaya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 45.520 unit vaksin Corona Sinovac tiba di Lampung dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Ribuan vaksin tahap pertama ini tiba di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alkes Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung, Bandar Lampung pada Senin (4/1/2021) sekitar pukul 1.30 WIB dini hari.

Mobil boks pengangkut vaksin bernomor polisi D 8888 SL itu dikawal ketat aparat kepolisian yang menurunkan dua unit Baracuda, empat kendaraan taktis, dan 35 personel kepolisian bersenjata lengkap.

Dua unit mobil kimia biologi radiologi (KBR) juga turut mengawal pengiriman vaksin tersebut dari PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Sumbar Dapat 39.920 Dosis Vaksin Sinovac, Diutamakan untuk Tenaga Kesehatan

Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alkes Diskes Lampung, Aries Aviantono mengatakan, pihaknya sudah menerima vaksin tersebut pada dini hari tadi.

“Jumlah pastinya masih dihitung, karena harus di-scan barcode yang ditempel di boks. Nanti informasi resmi dari Kepala (Diskes),” kata Aries di Bandar Lampung.

Sejauh ini saat penerimaan vaksin, kata Aries, pihaknya menerima 21 dus yang terdiri dari 20 koli untuk 1.960 dosis dan 1 koli untuk 1.320 dosis.

Aries menambahkan, 21 boks tersebut saat ini disimpan di gudang penyimpanan (cool room).

“Masih disimpan di coolroom untuk selanjutnya didistribusikan setelah didata,” kata Aries.

Baca juga: Tiba di Palembang, 30.000 Vaksin Sinovac Langsung Didistribusikan

Diutamakan untuk petugas kesehatan

Sementara itu, Kepala Diskes Lampung, Reihana mengatakan, jumlah vaksin yang diterima pada tahap awal ini dijadwalkan sebanyak 40.520 dosis.

Vaksin tahap awal ini diperuntukan kepada tenaga kesehatan, dengan jumlah kebutuhan sebanyak 71.658 dosis (singel dose).

“Tahap awal adalah untuk tenaga kesehatan,” kata Reihana.

Kemudian kebutuhan vaksin tahap kedua sampai keempat sebanyak 13.350.000 dosis untuk masyarakat umum (multidose).

Selanjutnya kebutuhan vaksin untuk AD Syringe 0,5 ml (buffer 5 persen) sebanyak 11.990.440. Safety Box 5 liter 114.195, dan alkohol swab 22.838.935.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com