Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Vaksin Dilakukan Secara Khusus dengan Kendaraan Berbeda

Kompas.com - 03/01/2021, 21:54 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi menyebut distribusi vaksin ke sejumlah daerah dilakukan secara khusus.

Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan  telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19 dan Menteri Komunikasi dan Informatika perihal mobilisasi vaksin.

"Kita sudah rapat koordinasi kesiapan kita, dalam mobilisasi. Termasuk juga dalam perlakuan saat barang ini sampai ke tempat masing-masing," ucapnya.

Baca juga: Distribusi Vaksin Covid-19 ke 12 Wilayah, Jalan Tol Dipastikan Klir

Distribusi vasksin, kata dia, perlu dilakukan secara khusus hingga sampai ke tempat tujuan. Kendaraannya pun harus berbeda, di antaranya mempunyai pendingin sesuai kebutuhan.

Kabag Binopsdit II Polda Jabar Kompol Bayu Catur mengatakan, vaksin Covid-19 rencananya diberangkatkan pukul 15.00 WIB dari Bio Farma ke Soekarno Hatta, Lampung, dan Bali. Vaksin kemudian akan disebar ke 12 wilayah.

Baca juga: Dinkes: 20.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Riau Senin Besok

Ia menyebut pergeseran vaksin dilakukan secara khusus, di antranya jalur tol pun dikosongkan sementara untuk kelancaran pergeseran vaksin dan demi keselamatan pengendara lainnya. Petugas juga mengenakan senjata lengkap sesuai prosedur pengawalan.

"Pengawalannya karena bersifat khusus, maka kami berlakukan khusus," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com